Inilah 10 Rumus Ms.Excel Yang Perlu Anda Ketahui & Kuasai (Pekerja Kantoran)

Microsoft Excel (Ms Excel) merupakan salah satu Aplikasi dari sekian banyak Aplikasi atau Software yang terdapat dalam Paket Microsoft Office (Ms. Office).

Microsoft Excel terbilang dapat mempermudah Anda untuk mengelola lembar kerja di kantoran. Jadi jika Anda bisa menguasai Ms.Excel ini maka Anda akan lebih mudah dalam menyelesaikan pekerjaan atau tugas yang diberi oleh boss Anda yang selalu mengejar deadline.

Microsoft Office | Ms Excel

Dalam microsoft excel ada banyak sekali fungsi atau rumus yang dapat Anda gunakan, memang tidak selalu mudah akan tetapi jika Anda bisa menguasainya maka Anda tidak perlu khawatir lagi dengan tugas-tugas kantor yang menumpuk nantinya.

Terus 10 Rumus Ms.Excel apakah yang wajib dikuasai untuk kerja kantoran?

Berikut ini Rumus yang harus Anda ketahui ataupun harus Anda kuasai jika ingin mudah dalam mengerjakan tugas-tugas perkantoran.

1. LEFT, MID, RIGHT

Rumus pertama yang harus Anda kuasai adalah LEFT, MID dan RIGHT. Rumus ini terbilang tidak terlalu sulit sih, rumus LEFT berfungsi sebagai untuk memisahkan sebuah karakter dalam satu sel yang diawali dari sebuah karakter berposisi paling kiri.
MID untuk memisahkan sebuah karakter dalam satu sel yang diawali dari sebuah karakter berposisi di tengah. Lalu untuk RIGHT adalah kebalikan dari LEFT.

2. VLOOKUP & HLOOKUP

VLOOKUP ini berfungsi untuk mencari lalu membandingkan pada data tabel refrensi secara vertical, dengan mengacu pada kolom berposisi paling kiri. Untuk HLOOKUP juga memiliki fungsi yang terbilang sama, namun bedanya hanyalah HLOOKUP yang dilakukan secara horizontal dengan mengacu sebuah data berposisi paling atas.

3. CONCATENATE

Rumus CONCATENANTE ini mempunyai fungsi untuk menggabungkan sebuah karakter dalam beberapa sel menjadi satu sel.

4. MAX & MIN

Max mempunyai fungsi untuk mencari nilai tertinggi di satu sebuah range. Untuk MIN itu sebaliknya dari MAX, MIN mempunyai fungsi mencari nilai terendah.

5. AVERAGE

Rumus AVERAGE ini memiliki fungsi mencari nilai rata-rata dari kumpulan angka dalam sebuah range.

6. IF

Rumus IF terbilang paling sangat sering digunakan dalam fungsi logika. Contohnya, Anda menghitung target penjualan, jika berhasil menjual diatas GBP 1.000.000 maka sebuah target akan tercapai, selain itu maka sebuah target tidak tercapai. Percayalah hukum IF ini mutlak, jadi rumus ini harus Anda pahami dengan benar.

7. LEN

Rumus LEN ini mempunyai fungsi menghitung jumlah banyak karakter dalam satu sel, spasi pun termasuk dalam hitungannya.

8. COUNTA

Rumus COUNTA ini dapat menghitung semua karakter yang ada dalam suatu range ataupun kolom.

9. COUNT

Rumus COUNT hampir sama dengan rumus SUM, hanya saja rumus COUNT gunanya untuk menghitung jumlah angka dalam suatu range, ataupun kolom. Ingat ya berfungsi untuk menghitung jumlah, bukan menjumlahkannya.
Karakter selain angka tidak akan masuk dalam hitungannya.

10. SUM

Fungsi dari rumus SUM ini adalah untuk menjumlahkan sebuah data di sebuah range, kolom, atau baris. Ini merupakan rumus paling dasar pada dunia Microsoft Excel yang harus dikuasai. Anda juga bisa menjumlah angka terbilang dengan mudah menggunakan rumus yang satu ini.

Nah itulah 10 Rumus Ms. Excel yang Perlu Anda ketahui & Wajib di pahami, Tujuannya agar supaya dalam mengerjakan sebuah Tugas dari Kantor dengan Mudah & Cepat.

Semoga dapat memberikan informasi yang dapat bermanfaat untuk kita semua.

Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel