Panduan Cara Membuat Diagram Lingkaran di Microsoft Word & Excel


Seperti yang diketahui bahwasannya Cara untuk membuat diagram ini terbilang tidaklah sulit sekali seperti yang dibayangkan oleh kebanyakan orang. Terlebih lagi, sekarang ini sudah masuk era teknologi yang mana membuat diagram lingkaran terbilang menjadi lebih mudah dan efisien dengan menggunakan Microsoft Word dan Excel.

Secara sederhananya, diagram lingkaran ini merupakan suatu bentuk penyajian statistik dalam bentuk lingkaran yang bertujuan untuk mempermudahkan untuk menjelaskan dua variabel yang berkaitan. Dengan menggunakan diagram, anda tidak perlu lagi untuk menulis secara panjang lebar untuk menjelaskan maksud dan tujuannya, dikarenakan semuanya sudah tertulis lengkap pada diagram.

Dari penjelasan di atas, agar supaya anda lebih mudah untuk memahami dalam membuat diagram lingkaran. Kami sudah sediaan untuk contoh soal yang nantinya akan kita buat menjadi diagram lingkaran.

Tahun
Jumlah Penduduk
2016 500
2017 800
2018 1000
2019 2000

Didalam tabel di atas menjelaskan mengenai pertambahan jumlah penduduk pada suatu daerah dalam waktu 4 tahun berturut-turut. Dari data tersebut, nantinya kita akan sama-sama untuk mencoba membuat diagram lingkaran.

Cara Membuat Diagram Lingkaran

Dibawah ini, untuk membuat diagram lingkaran pihak kami menggunakan aplikasi atau software dari Office yaitu Microsoft Word dan Excel yang versi tahun 2010. Jika teman-teman menggunakan versi yang berbeda, terbilang tidak apa-apa kok dikarenakan hanya terdapat sedikit perbedaan saja. Yuk mari simak panduan dari kami berikut ini.

1. Cara Membuat Diagram Lingkaran di Word

Saran kami sebelum untuk membuat diagram lingkaran, anda terbilang wajib untuk membaca dahulu panduan kami dengan seksama agar supaya tidak terjadi kesalahan.

Berikut ini langkah-langkah membuat diagram lingkaran di Microsoft Word.

  • Buka aplikasi Microsoft Word.
  • Kemudian klik Insert, lalu pilih Chart.


  • Lalu akan muncul jendela Insert Chat dengan beragam fitur. Untuk membuat diagram lingkaran silahkan klik Pie pada sisi kiri dan bisa pilih berbagai modelnya di sebelah kanan. Selanjutnya klik Ok.


  • Setelah itu akan muncul Jendela Microsoft Excel yang berisi data default. Silahkan isi tabel tersebut dengan data yang ingin kita buat. Kami akan mengambil data dari tabel jumlah penduduk di atas, isi kolom pertama dengan tahun dan kolom kedua dengan jumlah penduduk. Ohyea, anda bisa juga untuk menambahkan atau mengurangi tabel default tersebut sesuai dengan kebutuhan anda saja.
  • Setelah anda mengisi data pada tabel excel tersebut, maka secara otomatis diagram lingkaran di Microsoft Word akan terisi sesuai dengan data yang dimasukkan.


  • Silahkan anda close Jendela Microsoft Excel tersebut, kemudian fokus pada diagram lingkaran yang terdapat pada Microsoft Word. Anda juga bisa tambahkan beberapa detail agar supaya terlihat lebih menarik lagi.
  • Selamat, Anda sudah selesai untuk membuat diagram lingkaran.


Ohyea, jika anda ingin mengubah data. Untuk caranya terbilang cukup mudah kok, anda hanya perlu klik kanan pada area diagram lingkaran, lalu klik Edit Data. Kemudian jendela Excel akan muncul kembali, silahkan anda edit kembali data tersebut agar supaya sesuai dengan kebutuhan anda.

2. Membuat Diagram Lingkaran di Microsoft Excel

Untuk membuat diagram lingkaran di Ms. Excel ini terbilang sama mudahnya seperti menggunakan Ms.Word. Bahkan, kami pikir lebih mudah untuk membuat diagram lingkaran di Ms.Excel ini dibandingkan Ms.Word. Perihal ini dikarenakan anda tidak perlu lagi untuk melakukan import data dari Ms.Excel ke Word disaat menambahkan data-data untuk dijadikan diagram lingkaran.

Berikut ini langkah-langkah membuat diagram lingkaran di Ms.Excel

  • Buka aplikasi Microsoft Excel.
  • Kemudian masukkan data tabel yang ingin anda buat. Kami masih menggunakan data jumlah penduduk di atas.
  • Selanjutnya silahkan blog pada bagian jumlah penduduk dan dilanjutkan dengan klik Insert, lalu klik Pie.


  • Setelah diagram lingkaran muncul, anda hanya perlu untuk mengedit sedikit agar supaya data tahunnya muncul.


  • Caranya dengan klik kanan pada area diagram lingkaran, lalu pilih Select Data.
  • Lalu akan muncul kotak dialog Select Data Source, klik tombol Edit Horizontal dan dilanjutkan dengan blok semua data tahun pada tabel. Lalu klik Ok.



Sekarang data tahun dan jumlah penduduk pastinya sudah sesuai bukan. Langkah selanjutnya silahkan tambahkan beberapa detail agar supaya diagram lingkaran terbilang menjadi lebih menarik. Silahka klik saja fitur-fitur yang tersedia di Microsoft Excel.

Kesimpulan

Di atas, sengaja pihak kami berikan contoh soal sederhana yang tujuannya terbilang agar supaya anda lebih mudah untuk memahami dasar-dasar membuat diagram lingkaran. Nantinya setelah anda paham, tentu saja akan lebih mudah untuk mengembangkannya.

Walaupun anda menggunakan Microsoft Office dengan versi yang berbeda dari yang kami gunakan (Microsoft Office 2010). Namun tetapi, tetap saja anda masih dapat menggunakan cara diatas, dikarenakan memang pada dasarnya sama saja disetiap versinya, namun hanya saja sedikit berbeda tampilan dan perletakkan menu-menunya.

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan mengenai Panduan Cara Membuat Diagram Lingkaran di Aplikasi Microsoft Word & Microsoft Excel yang semoga dapat memberikan suatu informasi yang bermanfaat untuk semuanya. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel