Cara Membuat Blog Bagi Pemula Paling Mudah


Cara Membuat Blog di Blogger


Salah satu penyedia blog gratis yang cukup populer saat ini adalah  blogspot atau blogger, namun nama domain yang akan anda dapatkan nantinya adalah sub domain dari blogspot itu sendiri.


Kenapa harus membuat blog di blogger.com bukan pada situs penyedia blog lainnya? 

Sebenarnya tidak ada keharusan untuk membuat blog di blogger, namun ada banyak kelebihan yang dimiliki blogger di banding dengan penyedia blog lain. Beberapa contoh kelebihan blogspot di banding yang lain yaitu:

  • Mudah dalam pengoperasian sehingga cocok untuk pemula, 
  • Lebih leluasa dalam mengganti serta mengedit template sehingga tampilan blog anda akan lebih fresh karena hasil kreasi sendiri.  
  • Custom domain atau anda dapat mengubah nama blog anda dengan nama domain sendiri. 

Berikut tutorial cara membuat blog:

1. Membuat Email Gmail

Salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam membuat blog adalah anda memiliki alamat email yang masih aktif atau di gunakan. Jika anda belum mempunyai alamat email, silahkan buat dahulu di gmail karena blogger adalah salah satu layanan dari Google maka ketika mendaftar ke blogger sebaiknya gunakan email gmail.

Saat pembuatan email, google akan meminta verifikasi lewat no hp anda, jadi masukan nomor hp anda yang aktif.

2. Cara Membuat Blog di Blogger

  1. Silahkan anda buka http://www.blogger.com
  2. Masukan email gmail dan password anda:
  3. Setelah login, anda bisa merubah bahasa yang digunakan supaya mudah dalam mengikuti tahap demi tahap dalam proses pembuatan blog ini (lihat pojok kanan atas), sebagai contoh saya rubah ke bahasa Indonesia:
  4. Klik tombol bertuliskan Blog Baru
  5. Isilah judul blog serta alamat blog yang di inginkan. pastikan alamat blog yang anda tuliskan tersedia (ditandai dengan tanda centang biru disebelah kanan kolom alamat blog), kemudian pilih template yang diinginkan, dan klik tombol Buat blog di pojok kanan bawah. 
  6. Catatan: Template blog ibarat baju yang anda kenakan, jadi baju yang bagus tentu akan enak dipandang, untuk masalah template blog, nanti bisa kita rubah sesuai keinginan kita dilain waktu.
  7. Selamat blog anda sudah selesai dibuat, anda sudah bisa langsung melihat blog anda dengan mengklik tombol Lihat Blog atau anda juga bisa langsung memposting tulisan pertama anda dengan mengklik tombol warna orange yang ada gambar pensilnya. 

  8. Misal anda akan memposting tulisan pertama anda, setelah anda klik tombol orange (ikon pensil dan ketika disentuh muncul tulisan buat entri baru) akan masuk ke halaman post editor, silahkan isi apa saja ( disarankan untuk langsung mengisi posting, biasanya jika tidak langsung posting akan terjaring robot anti spam milik blogger, dan blog anda akan di lock). Contoh : hello world. Klik Tombol PRATINJAU untuk melihat tampilan yang nanti akan muncul di blog, klik tombol PUBLIKASIKAN jika posting anda mau dipublikasikan ke publik. 

  9. Selesai.
Untuk tahap awal, blog anda sudah jadi dan bisa diakses dimana saja. Untuk pembahasan lebih dalam tentang bagaimana blogging dengan blogger, akan di bahas pada posting berikutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel