Mengenal Bisnis Dropship yang menjanjikan Passive Income (Recommended)

Creatorkampung.com - Seperti yang diketahui yakni Bisnis Dropship mungkin terbilang belum terlalu populer di Indonesia, namun padahal bisnis ini membuka suatu peluang usaha yang menjanjikan melalui internet. Bisnis Dropship ini terbilang sudah hadir kurang lebih 8 tahun terakhir ini di Indonesia, peluang usaha sebagai dropshiper ini cukup terbuka, investasi yang kecil dan dapat juga menjadi salah satu bisnis rumahan yang terbilang menguntungkan, ataupun kerja sampingan. Dropship merupakan suatu sistem penjualan barang yang mana supplier akan mengirimkan sebuah barang yang sesuai orderan dari kita ke konsumen dengan identitas toko online kita. Supplier ini menyediakan dan melakukan stok barang, sedangkan dropshiper ini melakukan hal seperti promosi penjualan, segala teknis pengepakan dan pengiriman ini merupakan tanggung jawab dari supplier.

Selain itu, Supplier dropship ini juga menawarkan ada beberapa cara belanja, mau jenis model borongan ataupun satuan, tentu pastinya harga yang diberikan akan berbeda antara jenis satuan dan borongan. Masing-masing supplier memiliki suatu produk unggulan, ada yang mengkhususkan pada produk seperti pakaian jadi, sepatu, kacamata, jam tangan, mainan anak, dan lain sebagainya. Dan ada juga yang menyediakan semua barang seperti halnya sebuah Mall yang berbasis online. Ada kebanyakan dari dropshiper dari negara Cina yang menyediakan beragam produk, mulai seperti pakaian, barang elektronik, peralatan olahraga, sepatu, jam tangan, alat dapur, dan lain sebagainya. Nah lalu apakah bedanya antara Reseller dengan Dropshiper.

Bisnis Online

Perbedaan Reseller dengan Dropshiper


Reseller

  • Reseller ini mengelola barang sendiri, mulai dari stok hingga sampai pengiriman barang ke konsumen
  • Membutuhkan investasi yang cukup lumayan
  • Bisa menjual secara langsung atau melalui internet
  • Harga barang terbilang lebih murah dari dropshiper
  • Mengenal barang dengan lebih baik dikarenakan stok sendiri


Dropshiper

  • Terbilang tidak perlu mengurus stok
  • Investasi terbilang kecil (Bahkan bisa tanpa modal uang muka)
  • Terbilang tidak perlu mengurus pengepakan dan pengiriman
  • Terbilang kurang mengenal barang dikarenakan hanya melihat dari katalog
  • Harga biasanya lebih mahal dari reseller

Prospek Sebagai Reseller

Indonesia, India, dan China ini merupakan negara dengan penduduk terbesar di Asia, menurut sejumlah pengamat eCommerce, di tiga negara ini bisnis eCommerce terbilang akan mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Selain itu, lalu lintas perpindahan barang dan jasa di 3 negara ini akan meningkat pesat sejalan dengan makin membesarnya transaksi online. Di Indonesia tercatat sekitaran 9 juta orang yang belanja di toko online.

Menjadi reseller dari layanan dropship ini terbilang tidak membutuhkan modal yang cukup besar (bahkan bisa tanpa modal uang sepeserpun), bisa sebagai bisnis rumahan ataupun kerja sampingan. Peluang jenis usaha ini juga terbuka bagi siapa saja, mengingat suatu pertumbuhan transaksi belanja online semakin meningkat, bisnis dropship ini terbilang menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan dan dapat menghasilkan uang cukup besar. Di Indonesia nilai transaksi di bisnis eCommerce 50 Trilyun rupiah per tahun, data seperti ini membuka peluang kerja online dan bisnis melalui internet.

Bisnis online yang terbilang paling banyak dilakukan di Indonesia merupakan jualan online produk 'consumer good' dan gadget, meskipun ada juga yang menjual produk lain. Didalam sebuah skala bisnis rumahan, produk consumer good yang populer ialah pakaian jadi, sepatu, jam tangan, kacamata dan kuliner. Ide usaha untuk produk yang akan dijual sangat banyak, tinggal yang kita inginkan untuk dijual produk apa. Setelah ketemu, baru kita mulai melakukan persiapan membuka usaha ini, bisa sebagai bisnis rumahan atau kerja sampingan. Menjadi reseller dropship terbilang sangat menguntungkan, dengan modal investasi atau modal yang kecil kita sudah dapat membuka toko dengan display penuh barang yang akan dijual.

Persiapan Usaha

Persiapan untuk memulai usaha ini adalah dengan mempersiapkan sarana untuk berjualan

  1. Sebuah Komputer atau Laptop untuk mengakses internet
  2. Sambungan internet, bisa juga menggunakan modem dari operator seluler atau langganan internet rumahan
  3. Sebuah Gadget smartphone untuk promosi ke sosial media


Setelah peralatan sudah tersedia, selanjutnya memasuki tahapan berikutnya :

  1. Mencari ide, barang apa yang akan mau dijual di toko online, apabila sudah ketemu cari supplier dari penyedia layanan dropship yang terbilang terpercaya, di survey lebih dahulu apakah produk anda tersedia.
  2. Membuka account toko online di marketplace atau membuat toko online sendiri. Membuka sendiri juga membutuhkan investasi lebih besar, harus disediakan budget untuk hosting dan pembuatan situs toko online.
  3. Promosi, siapkan materi yang untuk dipromosikan untuk disebarkan melalui email atau sosial media, lakukan tahapan ini secara rutin dan terjawab, buat promosi berseri dan memberikan 'gimmick' diskon agar supaya reseller tertarik untuk bekerjasama.

Memilih Supplier

Ada banyak seperti situs marketplace lokal juga membuka menyediakan layanan dropship, seperti tokopedia, juga situs lain seperti supplier,id, grosirpertama,com. Namun perlu diketahui, tidak semua supplier tersebut ialah barang langsung dari pabrik, bisa jadi tangan kedua, pabrik - distributor - supplier. Secara umum perbedaan pada harga barang yang ditawarkan.

Barang dari tangan pertama terbilang pasti lebih murah dari tangan kedua, namun tetapi biasanya untuk membeli barang dari tangan pertama kita dikenakan kuota pembelian atau minimun pembelian. Apabila kebetulan order barang sejenis banyak mungkin akan lebih menguntungkan, kalau sebaliknya kita rugi.

Untuk memilih supplier yang bonafid, professional perlu pengecekan alamat, no telp, alamat internet apakah menggunakan blog atau berdiri sendiri. Coba anda telp staff yang bertugas, tanyakan dengan detil alamatnya, apabila memungkinkan kunjungilah alamat tersebut.

Kehatian - hatian perlu dikedepankan, dikarenakan dropshiper tidak mempunyai barang secara langsung, barang ada di tangan supplier. Apabila barang tidak terkirim, pembeli akan menagih kepada dropshiper, bukan kepada supplier.

Cara Order Dropship

Untuk dapat melakukan order ke supplier, biasanya situs supplier menyediakan form sebagai rekanan untuk diisi data calon rekanan. Setelah sudah lengkap, supplier akan meminta verifikasi via email, apabila anda langsung merespon, anda langsung dapat memesan barang dan berbelanja di supplier.

Pada saat dropshiper mendapat order, tinggal diteruskan ke supplier spek barangnya, dan melakukan pembayaran sesuai harga katalog, dan supplier akan mengirimkan barang atas nama pemilik toko ke pembeli. Apabila tidak ada complain berarti pembeli puas, apabila barang tidak sesuai order, perlu diretur ke supplier.

Promosi Kunci Sukses

Seorang reseller dropship terbilang tidak dipusingkan dengan persoalan stok barang dan pengirimannya ke konsumen. Satu hal yang harus dilakukan ialah melakukan promosi dengan media yang ada saat ini dengan gencar. Adapun media promosi yang dapat digunakan yakni :

  1. Google, situs ini terbilang mempunyai sarana promosi efektif yang sudah dipakai oleh perusahaan besar, yaitu Google Adsense, cuma kita harus membayar untuk layanan ini.
  2. Sosial Media, sarana yang terbilang murah dan cukup efektif untuk berpromosi, sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya, sekarang memberikan sebuah kesempatan bagi para marketer memakai space hal untuk diisi dengan display promosi. Melalui sosial media ini kita dapat menjangkau calon pembeli lebih luas, setidaknya di lingkungan pertemanan kita dari kerja dan sekolah.
  3. Forum Komunitas, sekarang ini terbilang ada banyak komunitas yang membuka suatu forum, seperti Kaskus, forum-forum klub hobi, promosikan barang anda di situs forum-forum tersebut.
  4. Media lain yang digunakan untuk pemasaran online ialah email, atau email marketing, yang mana kita dapat membuat pesan email dan kita kirimkan ke ribuan alat email dalam waktu seketika. Penyedia email seperti Yahoo, Google tidak memperbolehkan kita untuk melakukan seperti itu, ada layanan terkhusus untuk email marketing seperti mailchimp yang sudah populer.


Situs-Situs Supplier Dropship Terpercaya

Supplier dropship kini terbilang sudah ada banyak di Indonesia, tidak semua supplier tersebut menjual semua barang consumer good, namun tetapi ada juga yang menjual barang elektronik dan furniture. Dari kebanyakan supplier menyediakan barang-barang consumer good, paling banyak ialah pakaian wanita aksesorisnya, pakaian anak, dan pria. Selain itu supplier muslim wanita juga paling dicari, mengingat permintaan baju hijab sangat tinggi di Indonesia.

Barang populer lainnya ialah seperti perlengkapan olagraga, terutama sepatu dan kaos bola, ada banyak dropshiper yang menjual barang ini. Kebanyakan pembeli ialah pria yang memang hobi olahraga dan bola. Supplier baju anak juga tidak kalah populer juga, kebanyakan orang tua ingin mendandani anak-anak mereka dengan baju bagus, biasanya supplier ini juga menyediakan mainan anak-anak.

Untuk barang seperti elektronik, gadget terbilang tidak begitu populer, orang biasanya lebih suka belanja langsung dan memegangnya, namun sejumlah situs layanan dropship juga menyediakan barang seperti ini, bahkan hingga peralatan dapur pun tersedia. Ada kebanyakan situs supplier lokal bermain dengan baju dan aksesorisnya dikarenakan produk ini di negara kita dengan penduduk sekitaran 280 juta terbilang sangat tinggi permintaannya, juga karena tuntutan suatu tren baju yang cepat berubah.

Situs supplier lokal antara lain yakni seperti. Supplier,id, Cakning, Grosirpertama, Poetrishop dan lain-lain bisa dicari di google. Apabila ingin mencari produk ekslusif, situs supplier dropship dari China menawarkan suatu produk beragam dalam front page mereka. Bahkan, situs supplier dari China juga sudah membangun halaman web berbahasa Indonesia, situs ini memanglah dengan serius membidik pasar Indonesia yang terbilang potensial secara ekonomi dan demografi. Selain China, supplier dari Korea Selatan juga aktif memasarkan busana-busana trendy, Korea sekarang terbilang terkenal dengan busananya yang trendy dan disukai anak muda Indonesia.

Kesimpulan

Dropship ini merupakan salah satu peluang usaha yang terbilang menjanjikan sebuah keuntungan yang bagus, dan dapat menjadi sumber keuangan kita dengan investasi dan modal yang kecil. Selain itu, dropship ini juga menawarkan cara kerja yang terbilang luwes, sebagai bisnis sampingan atau kerja sampingan. Tidak membutuhkan kantor, bisa dilakukan di rumah saja sebagai bisnis rumahan. Siapapun bisa menjadi dropshiper, semua kembali kepada keyakinan sendiri, dikarenakan peluang untuk mendapatkan uang di bisnis dropship sangat menjanjikan.

Dibandingkan menjadi reseller, dropshiper ini terbilang minim resiko, baik dari sisi permodalan dan investasi uang dan waktu. Sedangkan reseller menanggung resiko apabila barang tidak laku, pengeluaran reseller juga terbilang lebih banyak dikarenakan harus menyediakan ruang penyimpanan, peralatan packing. Untuk pemula di bisnis online ini, menjadi dropshiper merupakan langkah yang terbilang sangat tepat, bermula dari bisnis ini pengetahuan mengenai pasar, supplier, pembayaran online, customer service, pengiriman barang, negosiasi harga, managemen keuangan dapat dipelajari secara bersamaan.

Apabila sudah mengetahui mengenai pengetahuan seluk-beluk bisnis online yang sudah dikuasai, terbilang akan mudah untuk mendapatkan uang dari internet dengan usaha modal kecil dan investasi yang tidak besar untuk bisnis barunya. Dropship juga menawarkan suatu kemudahan-kemudahan dan menghasilkan uang yang menguntungkan, selama kita konsisten dan bekerja keras mempromosikan produk yang kita jual kepada teman-teman dan komunitas kita. Setelah medanpatkan sebuah kepercayaan dari pihak konsumen, biasanya orderan akan berjalan dengan sendirinya. Walaupun begitu promosi untuk mengingatkan konsumen berbelanja kembali harus dilakukan sebagai upaya menjaga loyalitas konsumen. Sedangkan promosi utama untuk mendapatkan shopper baru juga terus ditingkatkan, niscaya bisnis dropship anda terbilang akan sukses. Itu saja, semoga dapat memberikan suatu informasi yang dapat bermanfaat untuk kita semua.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel