Google Adsense? Apa itu, Berikut ini Penjelasan & Sejarah Singkatnya

Google Adsense

Creatorkampung.com - Google Adsense merupakan program kemitraan atau kerja sama periklanan yang diselenggarakan oleh Google kepada Publisher di Internet. Pemilik situs web atau blog yang sudah berkerja sama dengan Google Adsense akan mendapatkan sebuah penghasilan dari program ini dengan mekanisme biaya perklik atau penayangan iklan sesuai dengan kebijakan dari Google.

Sejarah Singkat Mengenai Google Adsense

Program Google Adsense ini didirikan setelah Google mengakusisi Pyra Labs pada Februari 2003 dan tepat sebulan sesudahnya tepatnya pada tanggal 4 Maret 2003 g00gle yang pada saat itu dipimpin oleh CEO Erick Schmidt mengumumkan bahwa layanan periklanan tertarget yang disebut Adsense.

Sesudah Adsense didirikan Google pun mulai mengakusisi teknologi pendukung lainnya seperti Applied Semantics. Pada awalnya berdiri Adsense hanya mendukung bahasa Inggris dan bahasa-bahasa di Eropa saja. Bahkan pada waktu itu wilayah Asia Tenggara hanya mendukung bahasa Thailand saja. Kemudian pada tahun 2012 Google menyatakan bahwa untuk Layanan Adsense miliknya sudah mendukung bahasa Indonesia. Dan kini Adsense sudah mendukung 36 negara di dunia.

Pada tanggal 7 November 2012  pihak Google mengumumkan bahwa permohonan Adsense bagi Publisher baru mendaftar melalui platform Blogger, Youtube dan hubpage akan menjadi sebuah Akun Adsense yang berjenis Hosted atau tertaut. Adsense sendiri memiliki dua jenis akun yaitu Adsense dan Adsense Non Hosted

Adsense Hosted

Adsense Hosted merupakan jenis akun Adsense yang penempatan sebuah iklan di situs website atau blog yang sudah resmi menjadi partner Google. Jika Anda ingin memakai akun jenis ini maka Anda hanya bisa mendaftarkan melalui Youtube atau Blogger. Dikarenakan hal ini merupakan jenis akun Hosted maka iklan hanya dapat digunakan pada partner Google yaitu Youtube dan Blogger.

Jenis Akun Adsense Hosted ini mempunyai kelebihan dan kekurangan, yaitu:

Kelebihan

*Proses Pendaftaran Terbilang Mudah
*Terbilang Tanpa Mengeluarkan Modal
*Menjadi Situs Partner Google

Kekurangan

*Tidak bisa digunakan pada platform jenis lain.

Adsense Non-Hosted

Adsense Non-Hosted merupakan jenis akun yang penempatan sebuah iklan bisa di situs website non partner Google namun tetapi bisa juga untuk digunakan di situs web atau blog partner Google. Untuk mendaftar akun berjenis ini terdapat ada banyak pilihan platform misalnya seperti Blogger, Wordpress dan masih banyak lagi. Dikarenakan jenis Akun Non-Hosted atau jenis akun yang tidak tertaut ini maka iklan dapat ditampilkan di semua platform baik itu mulai dari platform resmi Google hingga yang tidak resmi.

Jenis akun Adsense Non-Hosted ini mempunyai kelebihan dan kekurangan, yaitu:

Kelebihan

*Iklan dapat dipasang di berbagai macam jenis platform seperti Blogger, Youtube, Wordpress dan masih banyak lagi.

Kekurangan

*Proses Pendaftaran Terbilang Sulit.
*Proses Review Yang Terbilang Lama.

Selain itu, Google sendiri juga memiliki beberapa macam jenis layanan seperti Admob, Blogger dan Youtube.

Nah itulah penjelasan mengenai tentang Apa itu Google Adsense. Semoga dapat memberikan informasi yang dapat bermanfaat untuk kita semua. Terus semangat.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel