Cara Mudah Mengatasi Krisis Kepercayaan Diri

Pernahkah kamu merasa sangat kecewa dengan hasil kerja keras yang tidak sesuai keinginan?, itu sangatlah wajar dan biasa terjadi, tapi jika rasa kecewa itu terlalu besar dan dibiarkan berlarut- larut maka akan berdampak buruk bagimu.

Ilustrasi Bingung

Rasa takut,cemas dan frustasi akan terus menghantuimu, terkadang perasaan seperti itulah yang menguasai sehingga kepercayaan dirimu perlahan-lahan mulai meredup, semua bisa saja terjadi karena banyak faktor, salah satunya rasa trauma atau takut gagal lagi setelah mendapati hasil sebelumnya yang mengecewakan, ketakutan yang berlebihan itulah yang membuat kepercayaan dirimu terombang- ambing tidak karuan,agar hal-hal seperti itu tidak berdampak semakin dalam dan memperburuk keadaan dirimu juga mentalmu,cobalah ikuti beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi krisis kepercayaan dirimu.

1. Mulailah Dengan Mencintai Dirimu Sendiri Atas Kekurangan Dan Kelebihanmu Setiap Harinya

Ilustrasi Happy

Mencintai dirimu sendiri adalah point yang terpenting, karena dengan  mencintai diri sendiri menjadikan dirimu lebih percaya diri. Mencintai diri sendiri sebagai perilaku memahami nilai sebenarnya dalam diri, tentang apa yang sebenarnya yang ada di dalam diri, dengan melakukan apa yang membuat dirimu bahagia, dan buka jalan sendiri, jangan latah mengikuti orang lain, dengarkan kata hatimu, dan temukan sendiri jalan hidupmu. Teriakkan dalam hati dan pikiranmu bahwa kamulah yang paling tahu siapa dirimu, apa yang ingin kamu lakukan, apa yang tidak mampu kamu  lakukan, sampai batas mana kemampuanmu dan hanya dirimu sendirilah yng harus kamu cintai didunia ini.

2.  Berfikir Secara Positif

Ilustrasi Berpikir Positif

Membiasakan menjadi orang yang selalu memikirkan hal-hal yang positif dalam keadaan apapun, berusaha secara perlahan untuk tidak memikirkan hal-hal yang membuatmu khawatir, karena dengan berfikir secara positif dirimu akan merasa lebih baik dalam menjalani hidup. Dan jika kamu berfikir secara positif, maka tidak hanya baik untuk kesehatanmu tapi juga memperkuat rasa percaya dirimu, karena hanya hal-hal yang positif yang terus terpikir didalam benakmu.

3.  Tidak Perlu Membandingkan Dirimu Dengan Orang Lain 

Ilustrasi Cemas

Baik itu dalam hal fisik ataupun dalam pencapaian keberhasilan, kamu akan merasa tertekan, khawatir, cemas, takut, marah, kecewa , karena setiap orang mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, yakinlah dengan kemampuanmu sendiri, dan tanamkan selalu energi positif, yakinkan bahwa  dirimu adalah orang yang luar biasa, jadi bersyukur lah dengan yang saat ini yang kamu punya, karena setiap orang memiliki garis hidupnya masing-masing.

4. Mengetahui Batas Kemampuan Diri

Ilustrasi Bersemangat

Ada banyak hal hal yang mampu kita lakukan tapi tidak mampu dilakukan oleh orang lain, begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu kamu harus mengatahui batas kemampuan yang ada didalam dirimu, agar kamu tidak perlu memaksakan diri dengan hal yang tidak mampu  kamu lakukan, sehingga kamu tidak dihantui rasa khawatir dan rasa cemas karena hal itu. Rasa khawatir dan cemas itulah yang membuat kepercayaan dirimu perlahan-lahan menurun. Tanamkan dalam fikiranmu bahwa setiap orang memiliki batas kemampuan, ada hal- hal yang bisa dilakukan dan ada hal- hal yang tidak bisa dilakukan.

Kenali dan cintailah dirimu dengan caramu sendiri, jangan memaksakan sesuatu yang memang mungkin tidak bisa kamu jangkau, karena setiap orang memiliki batas-batas dalam dirinya. Hilangkan rasa khawatir, cemas, tertekan, takut dan kecewa yang berlebihan yang malah akan membuat dirimu semakin kehilangan kepercayaan diri. Karena dirimu tetaplah luar biasa bagi dirimu sendiri dan juga orang-orang yang percaya pada kemampuaanmu. Jangan takut dan tertekan hanya karena sesuatu yang tidak sesuai dengan harapan dari hasil kerja kerasmu, anggaplah itu suatu hal yang biasa terjadi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel