5 Tips Praktis Menjalanin Hidup Sehat

Creatorkampung - Seperti yang diketahui sebagian orang sangat paham jika gaya hidup sehat itu harus mengkonsumsi makanan dan minuman sehat yang seimbang. Dan ditambah lagi dengan melakukan aktifitas olahraga secara rutin minimal seminggu sekali. Namun, selain itu istirahat yang cukup minimal yaitu sekitaran 8 jam sehari juga sangatlah perlu dilakukan.

Tidak heran lagi apabila hal tersebut menjadi kegiatan rutinitas yang melelahkan fisik dan pikiran, Apalagi ketika waktu banyak tersita untuk urusan pekerjaan yang terkadang tidak menentu. Misalnya, seharusnya waktu weekend Anda digunakan untuk fokus berolahraga tapi karena ada jadwal meeting bersama klien, Maka mau dan tidak mau waktu harus terbagi.

Namun sebenarnya menjalanin hidup sehat itu tidak serumit yang kebanyakan orang bayangkan dan tidak menyiksa seperti kebanyakan orang rasakan. Hidup sehat sangatlah mudah dijalanin jika seseorang menjalaninnya dengan penuh kesadaran diri sendiri.

Nah agar tidak terjebak dengan pola hidup sehat yang terasa kaku atau kurang fleksibel dengan kegiatan yang padat, ada beberapa cara yang sangat praktis yang bisa dilakukan untuk mempermudah Anda menjalanin aktifitas pola hidup sehat sebagai berikut :


1. Jangan Lupa Untuk Sarapan

Sarapan di pagi hari sebelum mulai beraktifitas menjadi bagian terpenting dalam menjalanin pola hidup sehat. Dengan sarapan bisa memberikan energi yang cukup untuk mendukung sebuah kinerja di waktu pagi, Sehingga bisa mendapatkan sebuah hasil kerja yang maksimal. Namun, terkadang karena terlalu sibuk dengan pekerjaan, sarapan pagi justru terlewatkan begitu saja. Yang pada akhirnya dapat berdampak buruk terhadap kesehatan.

Nah Cobalah mulai dari sekarang untuk membiasakan diri untuk sarapan terlebih dahulu sebelum beraktifitas dengan kesibukkan bekerja. Agar pola hidup sehat lebih mudah dijalanin, tidak ada salahnya juga ganti menu sarapan yang biasanya nasi beserta lauk pauk dengan makanan yang cukup mudah diolah. Misalnya Sereal atau oatmeal, Smoothie, Roti berisi selai dan sebagainya.

Dengan seperti itu, Anda bisa menghemat waktu, sehingga menyiapkan sebuah perlengkapan kantor masih bisa dilakukan. Supaya tidak terlalu menyita waktu saat membuat sarapan, tidak ada salanya juga siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan pada malam hari sebelum tidur.

2. Luangkan Waktu Istirahat

Selain pola makan yang terjaga atau teratur, Gaya hidup sehat juga harus didukung dengan pola istirahat yang cukup. Tetapi saat dikejar deadline, sudah pasti waktu tidur mau tidak mau harus rela dikorbankan demi bisa menyelesaikan sebuah tugas pekerjaan. Padahal esok harinya masih banyak tugas pekerjaan yang sudah menunggu diselesaikan sehingga kinerja jadi kurang maksimal.

Apabila kegiatan rutinitas yang buruk dilakukan secara terus menerus sudah pasti kesehatan akan terganggu bahkan bisa saja memicu stress. Nah mulailah untuk perbaiki jam kerja dengan baik. Tidak ada salanya juga buat jadwal secara rinci menyangkut tugas-tugas kantor yang harus dikerjakan. Dan setelah itu, fokuslah terhadap pengerjaannya dan terapkan dengan disiplin.

Kegiatan yang teratur tersebut akan dapat memberikan baik untuk Anda, Mulai kerjaan kantor selesai tepat pada waktunya dan waktu istirahat juga tetap terjalin dengan baik.

3. Sempatkan Waktu Untuk Berolahraga

Sesudah cukup beristirahat selanjutnya jangan lupa juga untuk beraktifitas berolahraga. Namun, kadang-kadang kesibukan kerja menjadi salah satu alasan untuk tidak berolahraga karena sudah kelelahan. Tidak perlu harus meluangkan waktu ke tempat gym atau pusat kebugaran yang lainnya, karena Anda dapat melakukannya di lingkungan area rumah saja.

Anda juga bisa melakukan sit up, squats, atau bahkan berlari-lari kecil di lingkungan rumah sekitaran 10 sampai 15 menit saja di pagi atau sore hari. Apabila Anda rutin melakukannya tubuh sehat dan bugar akan selalu menjadi milik Anda dan pastinya tanpa menyita waktu kerja.

4. Memakan Cemilan Sehat

Anda pastinya suka mengemil tiap hari? Nah coba ubah cemilan yang biasanya mengandung kalori, MSG ataupun bahan pengawet yang lainnya dengan cemilan yang lebih sehat misalnya buah-buahan segar. Mungkin cara ini lebih sehat untuk memenuhi keinginan untuk mengemil dan sudah pasti tidak akan membuat badan bertambah gemuk.

Namun selain itu, buah-buahan segar juga sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan cairan dan vitamin lainnya. Maka dari itu Anda bisa mengemil sesuka hati tanpa ada rasa khawatiran akan berat bertambah.

5. Relaksasi

Jika disaat sedang stress karena tekanan pekerjaan atau bahkan atasan, Jangan buru-buru langsung emosi, coba mulai cari solusi agar jiwa dan raga bisa lebih tenang. Coba lakukanlah relaksasi dengan cara yang cukup mudah, yaitu mengatur napas dengan baik, seperti tarik napas dalam-dalam, tahan sebentar kemudian hembuskan secara perlahan dan ulangi dalam beberapa kali selama 2-4 menit. Cara ini sangat efektif untuk mendapatkan sebuah ketenangan ketika stress sedang melanda.


Hidup Sehat Pasti Dimulai Dari Hal Terkecil

Seperti yang diketahui menjalanin pola hidup sehat memanglah bukan hal yang gampang, terlebih lagi jika disaat kesibukan kerja menjadi suatu kendalanya sehingga kesehatan menjadi kacau. Maka dari itu awali dengan perubahan yang terkecil dan lakukan secara bertahap-tahap. Karena yang mahal itu bukanlah hidup sehat tetapi melainkan biaya yang harus dikeluarkan kalau sudah terjatuh sakit. Maka dari itu jagalah kesehatan mulai dari sekarang dan hal-hal terkecil dulu.

cermati

#TipsKesehatan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel