7 Makanan Yang Bisa Mempercepat Penyembuhan Luka

Creatorkampung - Seperti yang kita ketahui dalam melakukan aktifitas sehari-hari wajar saja jika seseorang mengalami cedera yang biasanya disebabkan karena terjadi sebuah benturan benda keras ataupun benda tajam yang bisa menimbulkan luka di bagian tertentu. Misalnya sebut saja, Saat Anda sedang melakukan pemotongan cabe,bawang,sayuran, dan lain sebagainya, Nahh tanpa Anda sadari jari tersayat pisau atau saat sedang bermain bola tiba-tiba terjadi kejatuhan yang terdapat luka ringan ataupun sebagainya.

Setelah terjadi luka, Maka hal utama yang harus dilakukan untuk menangani sebuah lukanya adalah melakukan pemberian obat-obatan seperti salep,cairan antiseptik, dan lain sebagainya. Tetapi, biasanya dalam penyembuhan luka membutuhkan waktu yang terbilang tergantung dari kondisi luka yang dialami.

Nah, Untuk mempercepat penyembuhan sebuah luka, Anda bisa membantunya dengan mengkonsumsi beberapa makanan yang mengandung zat tertentu untuk dapat menumbuhkan sel-sel baru di bagian yang telah rusak akibat luka tersebut.


1. Seafood

Seafood ini memiliki kanduangan zinc yang sangat tinggi untuk mempercepat proses penyembuhan luka pada tubuh terutama dibagian memproduksi kolagen. Zinc berperan memaksimalkan fungsi imun dan enzim untuk memilah sumber protein dan bisa mengubahnya menjadi asam amino yang sangat bagus untuk mendukung pertumbuhan sel-sel otot.

2. Lemon

Buah lemon ini memiliki kadar vitamin C yang sangat tinggi, Sehingga buah ini banyak juga digunakan untuk merawat kulit agar supaya terlihat bersih dan kinclong. Selain itu, bahwa vitamin C juga bagus untuk mempercepat proses penggantian lapisan kulit baru akibat luka sayatan atau luka robek.

Rasanya yang sangat asam membuat orang jarang sekali untuk menyantapnya secara langsung. Tetapi, tidak ada masalah nya jika buah lemon ini dijadikan minuman segar seperti perasan air lemon yang dicampurkan dengan air putih, Es batu dan diberikan sedikit gula atau madu maupun lemon tea. Nahh lakukanlah tips ini secara rutin, agar luka dapat cepat pulih dan kulit kembali seperti semula.

3. Labu

Labu ini biasanya sering dikonsumsi dengan seseorang yang sedang menderita sakit maag sebagai pengganti nasi karena labu juga mengandung karbonhidrat yang sangat mampu menahan rasa lapar disaat waktu senggang atau jam makan belum tiba.

Tidak hanya itu saja, Labu ini juga dapat mengandung magnesium yang sangat bagus untuk menyembuhkan luka dan mempercepat proses pertumbuhan sel-sel kulit baru. Sehingga lapisan kulit yang rusak akibat cedera dapat segera diganti dengan lapisan kulit yang baru.

4. Semangka

Buah ini dapat membantu Kinerja DNA yang cukup baik akan mempercepat proses pembentukan sel-sel baru dalam tubuh manusia, Termasuk juga sel-sel kulit yang rusak akibat cedera yang terjadi. Dengan bantuan senyawa inositol ini, Kinerja DNA pun akan semakin sangat bagus lagi. Senyawa inositol bisa Anda dapatkan di buah semangka yang segar dan lezat ini. Semakin banyak potongan semangka yang dikomsumsi, Semakin banyak juga senyawa inositol yang didapat, Sehingga semakin cepat pula proses penyembuhan luka.

5. Daging Merah

Tubuh manusia secara tidak langsung diketahui dapat menghasilkan kreatinin secara sendirinya. Yang mana kreatinin ini berguna untuk mempercepat sebuah proses pertumbuhan sel-sel otot pada tubuh, Yang bisa dibantu dengan melakukan olahraga secara rutin. Namun, jangan terlalu mengandalkan cadangan kreatinin yang ada di dalam tubuh.

Nah sebaiknya, Konsumsilah makanan yang dapat mengandung kreatinin sangat tinggi seperti daging merah untuk menggantikan lapisan kulit yang rusak akibat cedera. Juga aturlah jadwal makan daging selama proses penyembuhan luka, Dikarenakan tubuh hanya mampu memproduksi kreatinin sekitaran 1 gram saja setiap harinya. Sebagai acuannya pada 1,5 kg dagung steak mentah terdapat kurang lebih 2 gram kreatin, maka Anda dapat makan daging merah sekiranya kurang dari itu.

6. Telur

Telur ini tidak hanya bagus untuk merangsang sebuah pertumbuhan otak untuk anak-anak saja, Tetapi kandungan protein yang terdapat pada telur ini juga sangat berkhasiat tinggi untuk mempercepat sebuah proses penyembuhan luka. Namun, Uniknya lagi protein pada telur ini juga akan melawan kuman dan bakteri yang mungkin saja datang selama proses penyembuhan luka. Sehingga luka tetap terjaga dari serangan berbagai macam jenis bakteri sampai semua lapisan kulit yang rusak tertutup dengan lapisan kulit yang baru.

7. Suplemen Glukosamin

Selain dapat mengkonsumsi buah-buahan, sayu-mayur, daging merah, dan aneka seafood lainnya, Anda juga dapat menambahkan suplemen glukosamin ini untuk membantu sebuah proses pertumbuhan sel-sel kulit baru akibat cedera yang dialami. Dan selain itu, Glukosamin juga dapat bermanfaat untuk meredakan rasa nyeri pada tulang dan sendi yang mungkin saja timbul akibat aktifitas harian.

Senyawa glukosamin ini sebenarnya sudah tersedia secara otomatis di dalam tubuh manusia. Tetapi, jumlahnya tidaklah sebanding dengan apa yang dibutuhkan oleh tubuh manusia selama proses recovery luka, Sehingga suplemen glukosamin juga sangat diperlukan.

Mengkomsumsi Makanan Bergizi

Seperti yang kita ketahui bawah Rasa sakit yang dialami akibat cedera memang membuat kita merasa sangat tidak nyaman. Tetapi, Rasa sakit tersebut juga dapat diatasi dan luka bisa dipulihkan dengan makanan-makanan sehat yang mengandung berbagai macam jenis kanduangan gizi, vitamin serta zat-zat lainnya yang dibutuhkan tubuh. Nah ini bisa Anda temukan dibuah-buahan, sayur-mayur, daging, ikan-ikan segar, dan suplemen tambahan. Dengan seperti itu, tubuh tetap sehat dan luka cedera bisa cepat pulih.

cermati

#TipsKesehatan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel