10 Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Otak & Kecerdasan Otak

Makan yang terbilan baik adalah makanan yang baik untuk mental serta kesehatan fisik Anda. Otak juga membutuhkan nutrisi seperti jantung, paru-paru, ataupun otot. Tetapi makanan apa yang terbilang sangatlah penting untuk menjaga kesahatan otak dan dapat meningkatkan kecerdasan?


Nah dari pada penasaran, mari simak uraian berikut ini


Inilah 10 Makanan Terbaik Untuk Kesehatan Otak & Kecerdasan Otak :


1. Pilihlah Biji-Bijian

Biji-Bijian

Seperti halnya organ di dalam tubuh Anda, otak tidak bekerja tanpa energi. Kemampuan untuk berkonsentrasi dan fokus berasal dari pasokan energi yang terbilang memadai seperti dalam bentuk glukosa dalam darah kita ke otak. Mencapai hal ini sangatlah mudah sebenarnya, dengan memilih biji-bijian dengan -GI rendah, yang melepaskan glukosa secara perlahan ke dalam aliran darah, membuat Anda waspada secara mental sepanjang hari.

2. Mengkonsumsi Ikan Salmon


Asam lemak esensial tidak dapat dibuat oleh tubuh dan harus diperoleh melalui diet. Lemak omega 3 yang terbilang sangat efektif secara alami pada ikan berminyak seperti EPA dan DHA ini. Sumber yang baik termasuk biji rami, biji labu, minyak kenari dan kacang kedelai. Makanan tersebut baik untuk fungsi otak yang sehat, jantung, sendi dan organ umum lainnya. Minyak Ikan mengandung EPA dan DHA dalam bentuk siap pakai yang dapat memungkinkan tubuh untuk menggunakannya dengan secara mudah. Sumber utama dari minyak ikan yakni seperti salmon. Tingkat DHA yang rendah sudah dikaitkan dengan resiko lebih tinggi terkena penyakit otak dan kehilangan memori.

3. Mengkonsumsi Blueberry

Blueberry

Bukti terakumulasi pada Tufts University di Amerika Serikat menunjukkan bahwa mengkonsumsi blueberry mungkin terbilang sangat efektif dalam meningkatkan ataupun menunda hilangnya memori dalam waktu jangka pendek.

4. Mengkonsumsi Lebih Banyak Tomat

Tomat

Telah ada bukti yang baik untuk menunjukkan bahwa lycopene, antioksidan kuat yang ditemukan pada tomat bisa membantu melindungi kita terhadap jenis kerusakan radikal bebas pada sel-sel yang terjadi dalam pengembangan demensia terutama yaitu Alzheimer.

5. Mengkonsumsi Vitamin

Vitamin

Seperti Vitamin B tertentu seperti B6, B12 dan Asam folat dikenal dapat mengurangi kadar homosistein dalam darah. Peningkatan kadar homocysteine berhubungan dengan peningkatan resiko stroke, gangguan kognitif dan penyakit Alzheimer. Ada sebuah studi dari kelompok pasien usia lanjut dengan gangguan kognitif ringan menemukan bahwa setelah dua tahun intervensi dengan dosis tinggi B6, B12 dan Asam folat terbukti secara signifikan dapat mengurangi penyusutan otak.

6. Mengkonsumsi Blackcurrant 

Blackcurrant

Vitamin C sudah lama dianggap memiliki kekuatan untuk meningkatkan ketangkasan mental. Salah satu sumber terbaik dari vitamin penting ini adalah blackcurrant.

7. Ambil Biji Labu

Labu

Cukup hanya segelintir biji labu sehari saja merupakan semua yang Anda butuhkan untuk meningkatkan memori dan kemampuan berpikir.

8. Bertaruh Pada Brokoli

Brokoli

Makanan bersumber vitamin K ini yang dikenal untuk meningkatkan fungsi kognitif dan juga meningkatkan kemampuan otak.

9. Sage

Sage

Sage sudah lama mempunyai reputasi untuk meningkatkan memori dan walaupun sebagian besar penelitian memfokuskan sage sebagai minyak esensial.

10. Kacang

Kacang

Ada sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal Of Epidemiology menunjukkan bahwa asupan dari vitamin E dapat membantu mencegah penurunan kognitif, terutama pada orang tua. Kacang-kacangan adalah salah satu sumber besar vitamin E bersama dengan sayuran hijau, asparagus, zaitun, telur, beras merah dan biji-bijihan.

Kesimpulan :

Walaupun penelitian menghubungkan diet dan demensia masih dalam masa pertumbuhan, ada hubungan penting antara beberapa nutrisi dan kesehatan otak yang perlu ditelusuri lebih detail lagi. Makanan bergizi dapat memberikan otak kita berkesempatan terbaik untuk menghindari dari sebuah penyakit. Jika diet Anda tidak seimbang karena berbagai alasan apapun itu, Anda sebaiknya mempertimbangkan multivitamin dan mineral yang terbilang kompleks dan suplemen asam lemak omega -3 untuk membantu beberapa hal penting pada otak. Jika anda sedang mempertimbangkan untuk mengambil suplemen, bicarakan terlebih dahulu hal ini dengan dokter atau professional kesehatan yang terbilang sudah terbukti berkualitas.

Semoga dapat memberikan informasi yang dapat bermanfaat untuk kita semuan, Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel