10 Universitas (Perguruan Tinggi) Terbaik di Dunia

Pendidikan adalah salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia di dunia ini. Segala hal bentuk pengajaran tentang ilmu pengetahuan sangat dibutuhkan oleh manusia untuk berbagai tujuan hidup. Salah satunya pendidikan yang merupakan akhir dari alur panjang pendidikan yakni pendidikan perguruan tinggi (Perkuliahan).

Walaupun tidak setiap orang yang melanjutkan pendidikannya ke tingkat ini, namun tetap saja pendidikan tinggi dijadikan sebagai salah satu tempat yang paling tepat untuk meningkatkan derajat ataupun harkat martabat manusia. Oleh karena itu begitu banyak orang yang ingin melanjutkan ke pendidikan tinggi ini tentunya yang berkualitas untuk memenuhi tujuannya tersebut.


Dari berbagai Universitas yang ada di Dunia, Negara Amerika Serikat memiliki beberapa Universitas Top Dunia dengan kualitas yang terbilang sangatlah luar biasa. Tidak jarang dari Universitas tersebut lahir berbagai ilmuwan ataupun orang yang berpengaruh di kancah Internasional.

Universitas di Amerika terkenal dengan kemajuan teknologi nya yang diterapkan dan beberapa kurun waktu terakhir berada pada peringkat atas kategori QS World University Rankings. Dengan peringkat tersebut seyogianya Universitas tersebut dapat mendongkrak populeritasnya sehingga meningkatkan reputasi Universitas terkait.

Berikut ini merupakan daftar 10 Universitas Terbaik di Dunia


1. Yale University

Yale University

Lembaga pendidikan yang satu ini terbilang tertua ketiga di Amerika Serikat merupakan salah satu universitas terbaik di dunia dengan berdiri sejak 1701 dan berlokasi di New Haven, Connecticut USA. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Yale University ini yakni adalah universitas swasta yang mengedepankan suatu riset penelitian.

2. Princeton University

Princeton University

Salah satu Universitas terbaik di Amerika kali ini memiliki cakupan bidang pendidikan pada Arsitektur, Teknik, urusan Internasional serta Publik, baik itu mulai dari prasarjana ataupun sarjana yang terbilang cukup terkenal. Ada berbagai riset pun telah dijalankan di beberapa bidang seperti Fisika plasma ataupun Propulsi jet. Hanya sekedar untuk informasi bahwa Universitas ini merupakan Institusi Pendidikan Tinggi tertua ke empat di Amerika Serikat ini.

3. University Of Chicago

University Of Chicago

Universitas yang di dirikan pada tahun 1890 ini. Universitas ini memiliki fokus penelitian pada bidang coeducational dan terletak di daerah Chicago Illinois, Amerika Serikat. Sedikitnya kurang lebih telah ada 15.000 mahasiswa yang sudah menimba ilmu di Universitas ini. Universitas yang berlokasi di Chicago ini memiliki VI (enam) sekolah professional atau jika di Indonesia disebut Fakultas, berbagai program pascasarjana. Universitas ini merupakan salah satu pendidikan tinggi yang terbilang sangat dihormati secara Internasional. Selain bidang akedemis seperti biasanya, universitas ini juga cukup terkenal dengan bidak professionalnya seperti Pritzker School of Medicine, para Booth School of Business, Sekolah Hukum dan Divinity School.

4. Stanford University

Stanford University

Universitas ini terletak di bagian utara daerah Silicon Valley yang dekat dengan daerah Paolo Alto California. Universitas yang satu ini terbagi menjadi beberapa sekolah atau fakultas. Universitas ini memiliki luas tempat yang sangat luar biasa yakni dengan cakupan 3310 ha, ini merupakan salah satu kampus yang terbilang terluas di Amerika Serikat. Universitas Stanford dan berbagai alumninya pun sudah memberikan berbagai kontribusi yang sangat luar biasa dengan mendirikan beberapa perusahaan terkenal seperti Hewlett-Packard, Nike, Sun Microsystem dan Yahoo. Perlu diketahui bahwasannya Stanford University ini sudah menghasilkan lebih dari $2.7 Triliun di Pendapatan Tahunan.

5. Imperial College London

Imperial College London

Imperial College London ini adalah salah satu Universitas Terbaik di Amerika Serikat yang lebih memfokuskan di bidang pendidikannya pada bidang Sains, Teknik, Kedokteran dan Bisnis. Imperial College London ini secara konsisten berada di jajaran Universitas ternama di Dunia dan berada pada posisi ranking 2 dunia di tahun 2015 QS World University dan berada pada peringkat 9 di Timer Higher Educational World University Rankings. Dan berdasarkan New York Times Universitas ini mendapatkan sumber daya manusianya berdasarkan pertimbangan lulusan diantara 10 siswa yang paling berharga serta memiliki alumni dan dosen yang sudah memenangkan 15 hadiah nobel serta penghargaan terbaik lainnya.

6. University Oxford

University Oxford

University Oxford ini berdiri sejak tahun 1096. Universitas ini sering disebut-sebut merupakan salah satu Universitas tertua di Dunia. University Oxford ini mulai populer pada tahun 1167, pada kurun waktu itu sudah terjadi perang dingin antara Negara Prancis dan Inggris. Dampak dari perang tersebut menyebabkan warga inggris yang ingin menuntut ilmu ke luar negeri khususnya Prancis dilarang keras. Pelanggarannya tersebut melalui Raja Inggris yaitu Hendry II. Dengan kondisi tersebut membuat warga Inggris harus terpaksa untuk menuntut ilmu di Negara sendiri yaitu di University Oxford.

7. University College London

University College London

Sebuah kampus yang terletak di Bloomsbury, ini memiliki 11 Fakultas terdiri dari 100 lebih departemen, lembaga penelitian. Apabila menggunakan parameter ukuran mahasiswa, University College London ini merupakan lembaga pendidikan tinggi terbesar di London dan Institusi terbesar di Inggris.University College London ini memiliki tanggung jawab terhadap atas beberapa museum serta koleksi di berbagai bidang. Museum yang dimaksud yakni Petrie Museum Arkeologi Mesir, Grant Museum Zoology dan Comparative Anatomy. Universitas ini merupakan bagian dari 11 pusat penelitian biomodis yang telah ditetapkan oleh NHS di Inggris. University College London ini juga memiliki ratusan riset penelitian dan termasuk mitra dengan Yale University.

8. Harvard University

Harvard University

Sebuah kualitas yang dihasilkan dari Harvard University ini memang sudah tidak dapat diragukan lagi. Ada berbagai alumni dari Universitas satu ini memang tidak sedikit yang memberikan pengaruh untuk kemajuan Dunia. Universitas ini diresmikan pada tahun 1636. Harvard University ini memang sangat terkenal seantero Dunia. Ada banyak calon mahasiswa ingin melanjutkan pendidikan tingginya ke Universitas terkenal satu ini. Namun tetapi untuk masuk ke Universitas ini memang membutuhkan perjuangan yang terbilang berat karena persaingan untuk masuk ke Harvard University ini memiliki persaingan yang sangat luar biasa ketat.

9. University Cambridge

University Cambridge

Sebuah Universitas yang berlokasi di Cambridge Inggris. University Cambridge ini terbentuk dari 31 perguruan tinggi dan memiliki 100 lebih departemen akademik yang dibagi kedalam 6 fakultas. Universitas ini sudah melahirkan berbagai alumni terkenal termasuk didalamnya seperti para ahli matematika, ekonomi dan 90 orang peraih nobel yang berkaitan dengan para ahli di bidangnya. Berdasarkan sejarahnya, Universitas yang satu ini telah menampilkan sastra dan karya seni berbagai penulis seperti Geoffrey Chaucer, EM Forster dan CP Salju.

10. Massachusetts Institute Of Technology

Massachusetts Institute Of Technology

Universitas yang satu ini merupakan perguruan tinggi terbaik di Dunia. Universitas yang sering disingkat MIT ini merupakan Universitas Swasta yang melakukan penekanan kuat pada ilmiah, teknologi, teknik dan riset. Universitas ini memiliki 5 fakultas dengan total 32 departemen. MIT ini dikenal memiliki dengan berbagai penelitian pada bidang-bidang seperti fisika, teknik, biologi, ekonomi, linguisti dan manajemen.

Nah itulah 10 Universitas (Perguruan Tinggi) Terbaik di Dunia. Semoga memberikan informasi yang dapat bermanfaat untuk kita semua.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel