Langkah-Langkah Apa Saja Yang Harus Dipersiapkan Untuk Menyambut Bulan Ramadhan Yang Penuh Berkah ini

Tidak terasa bulan Ramadhan akan tiba sebentar lagi, sudah saatnya bagi kita (terkhusus bagi umat muslim) untuk melakukan persiapan untuk menyambut bulana Ramadhan ini. Apa saja yang perlu kita persiapkan.

Tentu saja banyak yang harus kita persiapkan, terutama beberapa hal berikut ini yang akan kita bahas. Tidak hanya persiapan raga saja, namun tetapi juga jiwa dan juga batin kita perlu dipersiapkan. Agar supaya kita semua dapat menjalankan satu bulan Ramadhan ini dengan bahagia dan serta suka cita.

Bertaubat dan Perbanyak Do'a

Pada langkah pertama yang harus kita lakukan untuk menyambut bulan Ramadhan ini adalah dengan cara bertaubat. Bertaubat adalah langkah yang sangat penting sebagai persiapan menyambut bulan Ramadhan ini. Sebagai manusia, kita tentunya pasti tidak pernah luput dari suatu kesalahan dan juga dosa. Semua manusia pastinya pernah melakukan suatu kesalahan. Entah itu mulai dari kesalahan kecil ataupun kesalahan besar. Oleh karena itu, pantaslah bagi kita untuk bertaubat meminta ampunan dari Allah SWT.

Diharapkan dengan kita bertaubat sebelum datangnya bulan Ramadhan ini. Memohon ampunan atas segala dosa, kita akan mendapat suatu ketenangan batin dan siap untuk menghadapi bulan Ramadhan ini. Siap untuk mencari keberkahan dan juga banyak pahala di bulan yang penuh dengan rahmat ini. Jadi, jangan kita lewatkan kesempatan untuk bertaubat sebelum memasuki bulan Ramadhan ini. Tentu saja bertaubat tidak hanya di mulut saja, melainkan dibuktikan dengan perubahan tingkah laku kita.

Perbanyak Melakukan Ibadah Sunnah

Persiapan lainnya yang perlu kita lakukan dalam menyambut bulan Ramadhan ini adalah memperbanyak Ibadah dan Amalah sunnah. Persiapan menyambut bulan Ramadhan ini dapat kita awali dengan cara membiasakan diri untuk selalu beribadah sunnah. Sehingga sesudah masuk bulan Ramadhan tidak akan terasa berat untuk menjalaninya. Memperbanyak Ibadah sunnah justru akan melatih kita untuk mempersiapkan jiwa dan raga menyambut bulan Ramadhan ini.

Membayar Hutang Puasa di Tahun Sebelumnya

Persiapan menyambut bulan Ramadhan yang lainnya, yang tidak kalah penting juga kita lakukan ialah membayar hutang puasa. Terbilang wajib hukumnya bagi kita untuk mengganti (qadha) hutang puasa pada tahun sebelumnya di bulan Ramadhan. Puasa di bulan Ramadhan ini merupakan suatu kewajiban, sehingga apabila kita melewatkan satu hari saja puasa maka wajib pula untuk menggantikannya. Seluruh umat muslim wajib untuk mengganti hutang puasa di bulan Ramadhan ini.

Mempunyai hutang puasa memanglah sering terjadi oleh kaum perempuan. Perempuan pasti menghadapi masa menstruasi yang mengharamkannya untuk melakukan puasa di bulan Ramadhan ini. Nah jadi, para kaum perempuan terbilang wajib untuk menggantikan puasanya di hari lain, selain bulan Ramadhan. Sudahkah kita mengganti hutang puasa di Ramadhan tahun sebelumnya. Sebelum terlambat, maka segeralah mengganti puasa kita selama masih ada waktu yang tersisa sebelum bulan Ramadhan.

Selain itu, bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan berkah dan rahmat. Tentunya dibulan ini bisa dikatakan sebagai bulan bagi kita untuk berlomba-lomba dalam mengumpulkan pahala sebanyak-banyaknya. Pada bulan Ramadhan ini, kebaikan sedikit saja akan berbuah pahala yang berlibat ganda. Memang hasilnya tidak akan kita terima sekarang.

Namun tetapi akan kita tuai hasilnya kelak nanti di akhirat. Jadi, jangan lupa luangkan waktu kita dalam rangka mempersiapan penyambutan bulan Ramadhan ini. Semoga dapat memberikan informasi yang dapat bermanfaat untuk kita semua.

mastimon

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel