Sering Merasa Keram Dan Malas Saat Menstruasi? Atasi Dengan Tips Simpel Berikut Ini!

Pernahkah Anda Bertanya Mengapa Rasa Malas Tiba-Tiba Muncul Saat Sedang Menstruasi?Apa Penyebabnya Dan Bagaimana Cara Mengatasinya?



Menstruasi atau sering dikatakan haid atau datang bulan adalah suatu keadaan normal yang akan dialami setiap manusia berjenis kelamin perempuan. menstruasi ditandai dengan keluarnya darah dari dalam rahim akibat meluruhnya lapisan dinding rahim bagian dalam yang banyak mengandung pembuluh darah dan sel telur yang tidak dibuahi. Selain darah, cairan menstruasi juga mengandung lendir dan sel-sel lapisan dalam rahim. menstruasi pertama biasanya terjadi saat anak berumur 12 tahun, tetapi pada beberapa anak menstruasi terjadi lebih cepat atau lebih lambat dari pada usia 12 tahun tersebut.

Banyak hal yang menjadi penyebab kita malas saat sedang menstruasi. perut yang keram dan mules membuat kita lemas dan malas dalam bergerak. Anda pasti pernah merasakan saat dalam kondisi duduk yang lama dan tiba-tiba anda harus berdiri. hal tersebut membuat darah menstruasi mengalir dengan deras. itupun bisa menjadi penyebab kita malas bergerak. hormon yang berubah-ubah juga membuat kita melakukan segala hal tergantung pada perasaan. jika perasaan dalam kondisi yang baik pekerjaan yang dilakukan akan terasa lebih ringan. kebalikan dari itu, jika perasaan dalam keadaan buruk atau istilahnya badmood, jangankan melakukan pekerjaan, dalam tidurpun terkadang kita akan gelisah dan tidak tenang. 

Nah, karena itu berikut ini akan saya bagikan sedikit cara mengatasi permasalahan diatas tadi. 

1.     Jangan Sampai Stress
Kita sendiri pastinya sudah tau, jika stress itu tidak baik dalam keadaan apapun, usahakan untuk tidak stress saat menstruasi karena ini bisa mempengaruhi siklus menstruasi. Lakukan segala pekerjaan dalam kepala dingin, dengan begitu rasa malas akan sedikit berkurang.

2.     Lakukan Hal-Hal Yang Membuat Anda Senang
Dengan melakukan hal-hal yang membuat anda senang pastinya perasaan anda akan lebih baik. Hal ini dapat mengurangi ketegangan dan meredakan stress. Dengan begitu, perasaan malas dan tegang akan hilang dengan sendirinya.

3.     Perbanyak Minum Air Putih Hangat
Air putih hangat berguna untuk melemaskan otot-otot perut dan membantu meringankan nyeri menstruasi.air putih ini efektif untuk membantu merilekskan otot-otot tubuh. Dengan meminum air putih hangat ini, perasaan malas karena nyeri saat menstruasi akan berkurang.

4.     Hindari Minum Minuman Bersoda
Sering konsumsi minuman bersoda saat menstruasi ? lebih baik anda menggantinya dengan munuman yang lebih sehat karena kandungan kafein dan gula yang tinggi di dalamnua dapat memperburuk gejala menstruasi.

Kafein bersifat vasokonstriktor atau mempersempit pembuluh darah, termasuk pembuluh darah di daerah rahim (uterus). Bila hal ini terjadi akan menyebabkan kram perut yang dialami saat haid semakin berat. Tak hanya itu, kafein juga diketahui dapat memicu kecemasan, depresi, dan nyeri payudara pada saat haid.

Kandungan gula yang tinggi dalam minuman bersoda pun sama tidak baiknya dengan kafein. Gula memiliki sifat inflamatori atau memicu peradangan. Bila dikonsumsi saat haid, kadarnya akan menjadi tidak stabil dalam darah dan akan memperparah kram perut.

Karena nyeri perut inilah akan membangkitkan rasa malas pada kita.

5.     Lakukan Olahraga Ringan Seperti Yoga
Manfaat yoga sangat banyak loh.. selain dipercaya dapat merilekskan tubuh dan pikiran, ternyata yoga juga dapat mengurangi kram atau nyeri perut saat menstruasi. Jika anda gemar melakukan olahraga, sebaiknya lakukan beberapa gerakan yoga untuk mengatasinya. Tetapi anda harus hati-hati karena menurut beberapa pakar, ada beberpa pose yoga yang tidak dianjurkan untuk dilakukan saat sedang menstruasi. Khususnya saat sedang banyak mengeluarkan darah menstruasi, seperti dihari pertama, kedua dan ketiga. Oleh karena itu, sebelum melakukan yoga, cari tau terlebih dahulu pose-pose yang dianjurkan saat sedang menstruasi.
Nah.. itu dia beberapa tips simpel untuk menghilangkan rasa nyeri dan malas saat sedang menstruasi. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel