Mau Memulai Berbisnis Online Coba Klik Artikel ini (Prospek Jualan Online) Siapa tahu Membantu

Sebenarnya bagaimana masa depan bisnis dengan berjualan online melalui internet?

Kini internet sudah menjadi ladang usaha dan bisnis yang terbilang menghasilakn uang yang menguntungkan dan menjanjikan.

Bahkan ada keuntungan bisnis di internet bisa berlipat-lipat apabila dibandingkan saat baru memulai usahanya. Apakah Anda tertarik untuk terjun ke dunia bisnis di internet dengan jualan online. iyah pikirkan dan tentukan sendiri yah.


Bisnis di sebuah internet atau lebih dikenal dengan sebutan populer yaitu jualan online ini menjadi aktifitas bisnis sebagian besar masyarakat modern yang dapat memberikan banyak keuntungan. Ruang aktifitas jualan ini tidak terbatas di kantor, sebagian besar kerjaan online ini dapat dilakukan di rumah-rumah. Tentunya sangat menghematkan uang dan investasi bisnis, cukup dengan bermodal kecil, jualan online ini mampu memberikan hasil yang sangat menjanjikan.

Meningkatnya Transaksi Bisnis Online di Indonesia

Situs money.id mengenai tentang prospek jualan online di Indonesia bisa menjawabnya. Situs money.id mengutip beberapa pesan di twitter Menteri Komeninfo yaitu Rudiantara tentang Industri eCommerce Nasional, Menkominfo menyatakan transaksi bisnis online di Indonesia akan segera meningkat sampai 68 triliun rupiah di tahun ini, pada 2015 lalu berkisar 50 triliun rupiah. Situs Money.id juga mencatat Indonesia, India dan China akan menjadi salah satu raksasa lini bisnis di kawasan Asia Pasific. Tercatat di situs tesebut bahwa pengguna aktif shopper online pada tahun ini akan mencapai 8,7 juta konsumen online.

Sebuah informasi menarik dari situs Daily Social pada tahun 2015 tentang survei jumlah peredaran perangkat handphone di Indonesia, terbilang sungguh mengejutkan, ternyata jumlah handphone yang beredar lebih besar dari jumlah penduduk Indonesia tersendiri. Jumlah handphone yang aktif di Indonesia pada waktu itu sekitaran 181,9 buah. Apabila dipukul rata setiap penduduk Indonesia memegang 1,13 buah handphone. Menurut sensus penduduk terakhir pada tahun 2010 (BPS 2010), sudah tercatat jumlah penduduk Indonesia sekitaran 235 juta jiwa, menempati posisi ke IV (empat) sebagai negara dengan populasi terbesar di Dunia.

Apabila jumlah handphone melebihi jumlah penduduk, dan sebagian besar handphone tersebut terkoneksi dengan internet, maka peluang pemasaran jualan online ini mempunyai peluang yang sangat amat cerah. Optimisme ini di dukung data Daily Social bahwa telah terjadi peningkatan pengguna internet di Indonesia sekitaran 33%, tercatat totalnya 83 juta pengguna internet. Mengenai soal siapa pengguna internet tersebut juga mengalami perluasan usia pengguna, kini pengguna usia 40-59 tahun meningkat menjadi sekitaran 28,3% dan selebihnya pengguna usia muda dengan kisaran umur sekitaran 20-39 tahun.

Data dari Daily Sosial, diatas memperlihatkan bagaimana peluang usaha berjualan online yang sedang trend nya terus meningkat, prospek jualan online ini semakin cerah. Apalagi metode pembayaran online terbilang semakin mudah, bank-bank besar telah menyediakan layanan transaksi online, sehingga pembayaran tidak harus mengambil uang ke ATM ataupun Mentransfer uang melalui ATM. Keberafaan fitur online pada smartphone dan internet kini terbilang sangat mempermudah transaksi jual beli via online. Pada sisi lain, perpindahan barang dari penjual ke pembeli juga semakin lancar, keberadaan model transportasi berbasis online atau lebih "populer" dengan sebutan ojek online turut mendorongkan pertumbuhan bisnis ini.

Jualan Online Sebagai Peluang Usaha Potensial

Tidak jarang orang masih melakukan usaha sampingan atau kerja sampingan guna menambah penghasilan keluarga. Ada berbagai bentuk usaha yang dilakukan, antara lain dengan bergadang atau membuka toko dirumah, ataupun kerja sampingan di tempat lain sesudah bekerja di tempat utama seperti menjadi supir taksi online ataupun ojek online. Hal ini membuat kota-kota besar seperti Jakarta terbilang super sibuk dari pagi sampai malam.

Zaman sekarang ini untuk mendapatkan sebuah uang harus kreatif, membaca peluang bisnis, dan mengetahui cara menjadikan sebuah peluang menjadi uang. Bisnis melalui internet atau sering disebut bisnis online adalah sebuah peluang usaha baru yang terbilang menjanjikan. Ide usaha apa yang cocok untuk bisnis online? Seperti apa prospek bisnis di Internet? Internet menawarkan berbagai macam peluang usaha, kita juga bisa menjual secara online produk dan jasa yang kita miliki. Kebanyakan orang di internet melakukan penjualan produk barang, kemudian diikuti oleh jasa.

Berdasarkan sebuah data dari Kemenkominfo mengenai proyeksi eCommerce di Indonesia, jumlah pembelanja online yang kian meningkat, otomatis omzet penjualan akan meningkat juga.
Bisnis di internet ini terbilang sangat potensial untuk mendapatkan uang bagi semua pelaku bisnis, baik mulai dari pemodal kecil ataupun besar, semuanya mendapatkan perlakuan yang sama, siapa yang terbaik dalam layanan tentu ia akan mendapatkan apreasiasi tinggi dari pengguna internet.

Bisnis online populer saat ini adalah berjualan online produk seperti, sepatu, pakaian jadi, jam tangan, handphone dan aksesorisnya, kosmetik, barang kerajinan, dan lain lain. Format penjualan online yang saat ini menjadi trend adalah penjualan online dengan format seperti toko, pasar dan mall di dunia offline, saat ini dipasarkan juga secara online.

Contohnya situs Qlapa adalah toko online yang terbilang secara kreatif dan inovatif, menjual barang unik dan khas Indonesia, Qlapa menjual barang unik dan kerajinan tangan dari seluruh Indonesia. Selain itu, ternyata Qlapa sudah pernah mendapatkan apresiasi terbilang tinggi pembelanja online, shopper jadi mempunyai pilihan situs belanja apabila menginginkan barang yang unik dan terkhas Indonesia.

Penyuka seperti sepeda motor klasik bisa mulai mengumpulkan spare part motor klasik ataupun motor klasik yang dijual. Untuk mendapatkan pembeli, bisa dilakukan dengan aktif dalam forum-forum penggemar otomotif di Internet. Ide yang terbilang bagus tidak akan menjadikan anda sukses apabila digarap dengan sungguh-sungguh. Malah ide yang terbilang biasa-biasa saja apabila digarap dengan serius bisa menjadi suatu hal yang mendatangkan keuntungan.

Memulai Jualan Online

Terutama niat usaha dan tekad menjadi kunci sukses usaha apapun itu, termasuk juga jualan online ini, lalu apa saja yang perlu disiapkan untuk memulai sebuah usaha bisnis nya?

1. Produk atau Jasa Yang Akan di Jual

Tentu bisa berupa produk olahan sendiri seperti kuliner, baju homemade, kerajinan, dan jasa keahlian yang anda kuasai ataupun dimiliki.

2. Memilih Platform Toko Online

Anda bisa juga meminta tolong untuk dibuatkan atau menggunakan platform yang sudah sedia, seperti Blogger, Wordpress, Bigcommerce, Eshopify, dan lain lain. Tentunya yang menyediakan eCommerce dengan harga yang kompetitif, menyediakan trial selama 15 agar calon pembeli friendly dengan fitur-fitur nya dan platform Content Management System (CMS) sebuah sistem yang menyatukan tautan online kita dengan sosial media populer dengan sistem update real time dan direct shopping dari social media. Apabila tidak mau pusing ikut saja buka toko di marketplace seperti Bukalapak, Shopee atau Tokopedia.

3. Mengisi Toko dan Menjual

Mulailah dari memajang barang dagangan Anda di toko online, pilihlah foto-foto yang bagus dan menarik, serta berikan iming" (pemanis) harga diskon untuk produk anda.

4. Promosikan Di Media Sosial

Melalui sosial media ini, promosikan dagangan online anda ke teman-teman sekolah, kerja, komunitas, dan lain lain, agar supaya mereka mengetahui bawasanya anda mempunyai toko online.

Apabila anda ingin menangkap sebuah peluang usaha di internet tetapi tidak mengetahui dari mana harus memulainya, perusahaan pembuatan toko online akan membimbing step by step proses pembangunan toko online, sampai bagaimana caranya mempromosikannya. di Indonesia, mastertokoonline adalah perusahaan tersukses dalam pembuatan toko online di dalam negeri. Mengenai soal investasi pembuatan toko online bisa dikatakan relatif kecil dibandingkan apabila kita membuka toko di dunia nyata.

Skala penjualan barang dan jasa yang dijual secara online kini terbilang kian membesar dari segi kuantitas, hampir semua produk barang tersaji di marketplace online. Sebagai gambarannya prospek bisni online, kini pemodal-pemodal dari luar negeri sudah berani menanam investasi ke perusahaan-perusahaan awalan (start up) di Indonesia dengan nilai sekitaran trilyunan rupiah. Ide usaha ini menjadi hal utama dan sangat penting agar kita tahu mau dibawa kemana bisnis kita ini kedepan yang mendatang.

Contoh Kisah Sukses Jualan Online

Kisah perusahaan Amazon.com ini bisa menjadi pelajaran berharga, diawali dengan penjualan buku-buku secara online, kini Amazon sudah menjadi market leader di bidang penjualan di bidang penerbitan. Pemiliknya mampu merangkul penerbit-penerbit besar yang memiliki karya-karya populer agar supaya menaruh dagangan mereka di halaman muka Amazon. Hasilnya terbilang sungguh luar biasa, situs ini menjadi situs rujukan penikmat buku dari berbagai belahan dunia.

Pada perkembangannya, Amazon melebarkan varian produk buku, menjual buku berformat suara atau audio book dan buku berformat digital (E-book). Amazon kini menjadi salah satu marketplace terbesar di dunia, dari segi bisnis rumahan, dengan investasi kecil, menjelma menjadi bisnis raksasa yang menguntungkan. Kisah bisnis yang diawali dari kerja sampingan dan bisnis rumahan ini sebenarnya tidak hanya Amazon, kita bisa saja mencari kisah-kisah profil mereka di mesin pencarian google. Termasuk Google sendiri awalnya juga bisnis rumahan, para pendirinya melakukan kerja online dengan investasi yang kecil.

Di Indonesia, kisa perusahaan tokopedia juga terbilang cukup unik, didirikan oleh sekelompok anak muda yang gigih dan tidak kenal menyerah, pada saat didirikan dengan kondisi ekonomi Indonesia belum begitu membaik, kebiasaan belanja online belum setinggi seperti sekarang ini. Tekad dan semangat mereka akhirnya terbayarkan, setelah berhasil membuat tokopedia menjadi salah satu situs yang dikenal dan dipercayai oleh konsumen online dan merchant online, tokopedia beberapa waktu lalu mendapatkan sebuah suntikan investasi dana dari perusahaan Ventura Internasional dengan nilai yang sangat fantastis, dengan nilai trilyunan rupiah. Tokopedia kini masuk dalam kategori 10 besar situs marketplace di Indonesia dengan omzet penjualan ratusan juta per harinya.

Selain itu ada juga kisah dua anak muda di Indonesia yang sudah mapan secara ekonomi, tinggal dan bekerja pada sebuah perusahaan di Singapura, walaupun terbilang sudah mapan mereka tidak nyaman dengan kondisi tersebut, mereka berdua kembali ke Indonesia dan mendirikan sebuah perusahaan start up, yakni www.ahlijasa.com. Ternyata kreatifitas mereka menjadi mendapatkan sambutan baik dari masyarakat. Dalam kompetisi antara perusahaan di Indonesia beberapa waktu, ahlijasa meraih penghargaan tertinggi, dan mewakili perusahaan start up Indonesia di ajang kompetisi antar perusahaan start up dari seluruh dunia di Amerika pada tahun 2016 lalu.

Kunci keberhasilan bisnis melalui Internet adalah kemauan untuk belajar terus-menerus, perkembangan teknologi internet setiap harinya berkembang dengan cepat, terutama dari sisi aplikasi. Belajar dari pendahulu-pendahulu di sebuah bisnis ini akan sangat membantu pemilik bisnis yang menjalankan managemen usahanya, Selamat mencoba berbisnis, Terus semangat dan Sukses selalu.

Semoga dapat memberikan informasi yang dapat membuahkan manfaat untuk kita semua.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel