Inilah 4 Manfaat Dari Cahaya Matahari Bagi Kesehatan Tubuh

Creatorkampung - Seperti yang diketahui, bahwa Sinar matahari sering kali dijauhi, dengan berbagai alasan karena bisa membuat kulit menghitam serta terbakar, bahkan tingkatkan resiko penuaan awal serta kanker kulit. Sehingga, sudah tidak bingung lagi apabila ada beberapa orang, khususnya wanita yang mencari langkah untuk membuat perlindungan kulit dari panas teriknya cahaya matahari. Namun, tahukah Anda jika sebenarnya ada segudang manfaat dari cahaya matahari buat kesehatan?

Bahaya cahaya ultraviolet dari matahari bukan bermakna Anda mesti berdiam diri di dalam lingkunan rumah sepanjang hari tanpa ada serang, paparan cahaya matahari. Anda pastinya membutuhkan manfaat dari cahaya matahari, meski masih membuat perlindungan kulit dari paparan cahaya matahari tersebut, baik dengan baju pelindung, memakai tabir surya, dan sebagainya.


Apakah Manfaat Dari Cahaya Matahari Dapat Memberikan Kesehatan Untuk Badan Kita?


1. Dapat Meningkatkan Produksi Vitamin D

Paparan cahaya matahari dapat menolong badan untuk menghasilkan vitamin D, yang mana adalah nutrisi penting buat kesehatan tulang serta otak. Vitamin D tidak banyak ditemukan pada makanan, sehingga kita butuh memperolehnya dari paparan cahaya matahari.

Vitamin D juga bisa disintesis di kulit melalui paparan radiasi UVB. Tanpa ada Vitamin D yang terbilang cukup, Selain itu, tulang tidak akan tercipta dengan baik. Tingkat vitamin D yang rendah pada badan akan jadi memperburuk osteoporosis pada pria serta juga wanita, sehingga bisa mengakibatkan penyakit tulang osteomalacia yang menyakitkan.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Anda perlu terkena cahaya matahari setidaknya 5 sampai 15 menit di lengan, tangan, serta muka dalam waktu dua sampai tiga kali perminggunya untuk memperoleh vitamin D yang cukup tanpa ada memakai tabir surya, khususnya buat Anda yang mempunyai kulit putih pucat. Pemakaian tabir surya nyatanya bisa menahan potensi badan untuk menghasilkan vitamin D disaat terkena cahaya matahari.

Dan selanjutnya, tingkat vitamin D yang cukup dapat membantu badan menyerap kalsium yang merupakan nutrisi penting bagi kesehatan tulang, kurangi resiko terserang dari penyakit kardiovaskular, arthritis, multiple sclerosis (MS), kanker pankreas, serta kanker payudara.

2. Dapat Melakukan Perbaikan Situasi Hati

Dari kebanyakan terkena cahaya matahari memang beresiko untuk kulit Anda, tetapi apabila Anda bisa memperolehnua dengan cukup, cahaya matahari malah bisa melakukan perbaikan atau tingkatkan situasi hati Anda. Menurut Mayo Clinic, tingkat penurunan paparan cahaya matahari telah dihubungkan dengan penurunan serotonin yang dapat mengakibatkan Seasonal Affective Disorder (SAD) yang merupakan bentuk stress yang terpacu oleh pergantian musim.

Paparan cahaya matahari yang cukup bisa membantu badan menghasilkan sebuah hormon serotonin yang bertindak dalam tingkatan perasaan bahagia, tenang, serta konsentrasi. Menurut Journal of Psychiatry, paparan cahaya matahari dapat berguna buat orang yang menanggung derita stress, masalah dysphoric pramenstruasi, serta pada wanita hamil dengan stress.

3. Dapat Melakukan Perbaikan Kualitas Tidur

Paparan cahaya matahari pada siang hari serta kegelapan pada malam hari bisa membantu Anda menjaga irama sirkadian yang sehat, sehingga Anda akan terbangun di siang hari serta terasa lelah mendekati tidur. Sehingga, tidak heran apabila Anda disarankan untuk membuka sebuah gorden atapun alas kain pada jendela saat bangin pada siang hari serta memakai cuma lampu tidur waktu malam hari.

4. Dapat Mengobati Masalah Pada Kulit Tertentu

Menurut WHO, paparan cahaya matahari dapat menyembuhkan beberapa situasi kulit, seperti psoriasis, eksim, ikterus, serta jerawat. Namun, tetapi Anda juga butuh berkonsultasi kepada dokter untuk memastikannya. Dikarena, tidak kebanyakan orang bisa memakai matahari untuk menyembuhkan sebuah masalah situasi kulit yang sedang dihadapi.

Itulah 4 Manfaat Dari Cahaya Matahari Bagi Kesehatan Tubuh.

Semoga postingan ini dapat memberikan informasi yang dapat bermanfaat untuk kita semua.

Terimakasih,

maslogi

#TipsKesehatan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel