11 Bisnis Online Yang Menguntungkan, Bahkan Menjanjikan Masa Depan

Kehadiran internet dizaman sekarang ini membuka berbagai peluang usaha yang dapat menguntungkan dan memungkin orang bekerja ataupun membuka usaha secara online di rumah atau di tempat lainnya tentu pastinya tanpa terikat lokasi. Bisnis online ini membuka peluang usaha rumahan semakin luas, menjadi pilihan pekerjaan sampingan sebagian orang. Bekerja online dirumah hal yang sangat menghemat operasional transportasi, waktu kerja lebih fleksibel dan dapat leluasa mengatur waktu kerja.

Yang sedang terpopuler di dunia, kerja berbasis online semakin diminati, sejumlah situs menawarkan jasa untuk mempertemukan pemberi kerja dengan pencari kerja online. Situs Freelancer, Situs Upwork merupakan situs yang membahas mengenai bisnis pencari kerja online dengan pengguna jasa online. Tidak hanya itu saja, untuk produk barang, situs-situs dari negara Tirai Bambu dan Korea juga aktif menawarkan produk-produk consumer good produksi negara mereka ke marketplace dan toko online indonesia. Berbagai kemudahan ditawarkan mulai dari free shipping, diskon besar-besaran. Bisnis online ini bisa dibilang menjanjikan banyak peluang usaha untuk dikerjakan di rumah sebagai usaha sampingan atau kerja sampingan.

Berikut dibawah ini adalah 10 Bisnis Online Yang Menguntungkan :

1. Toko Online

Toko online menjadi favorite penggiat bisnis online usaha jenis ini menjadi salah satu sumber pendapatan menguntungkan sangatlah memungkinkan. dikarenakan populernya belanja online di Indonesia dari tahun sampai ke tahun semakin meningkat, dan juga nilai transaksi eCommerce setiap tahun selalu naik secara signifikan. Usaha toko online ini bisa sebagai usaha rumahan atau kerja sampingan, tergantung dengan waktu luang kita. Prospek bisnis online dengan membuka sebuah toko online sangat bagus selama kita bisa menjual sesuatu yang terbilang khas, barang berkualitas bagus, dan pengiriman tepat waktu seperti dijanjikan. Maka dari itu jangan segan-segan menerima complain dari pembeli.

Untuk memulai membuka sebuah toko online yang terpenting adalah ide usahanya dahulu, nah yang menjadi pertanyaannya adalah mau jual produk barang apa? Pakaian Anak Anak, Wanita, Pria Baju Muslim, Sepatu, Kacamata, Kuliner, Grocerry, dan lain lain. Masing-masing jenis usaha tersebut membutuhkan investasi dan modal uang. Bisnis online produk barang atau reseller butuh uang sebagai modal tidak sedikit untuk membeli stok barang, apabila modal usaha sangat minim sebaiknya jualan jasa online.

2. Dropshiping

Bisnis sebagai dropshiper merupakan pilihan yang cukup tepat apabila kita minim modal usaha, sebagai dropshiper kita tidak dituntut untuk membeli barang dahulu baru menjualnya. Kita cukup memajang sebuah gambar barang dagangan supplier barang kita di toko online sendiri atau membuka toko di situs marketplace besar seperti Tokopedia, Bukalapak, Kaskus, dan sebagainya.

Tugas dropshiper adalah mempromosikan sebuah barang atau produk dari supplier secara online. Sebaiknya memilih supplier yang bonafid dan terpercaya, carilah referensi supplier dengan sebanyak mungkin supaya mempunyai alternatif. Untuk memudahkan penjualan, lebih memilih satu kategori produk barang untuk dijual, misalkan pakaian wanita atau pakaian anak, untuk produk aksesoris seperti sepatu, jam tangan, kaca mata, topi dan lain sebagainya. Ide usaha tergantung dari mana yang menurut kamu sangatlah cocok. Supplier untuk dropshipper juga semakin banyak, perang harga antar supplier akan lebih menguntungkan, margin keuntungan menjadi semakin besar. Sejumlah supplier dari negara Cina dan Korea kini telah aktif memasarkan produk mereka, tidak ada salahnya kan jika kita langsung memasarkan produk mereka dengan terlebih dahulu mendaftar, sekalian kita mendapatkan barang yang bagus.

3. Publisher Iklan

Menjadi publisher iklan yang berarti situs web atau blog kita dipasangkan oleh agen penyedia periklanan digital, seperti Google Adsense, Idblognetwork, Adplus, dan lain sebagainya. Penghasilan dari bisnis online ini sangatlah menjanjikan apabila isi atau content situs web atau blog kita banyak dikunjungi oleh audiens. Semakin banyak pengunjung, otomatis peluang iklan yang terpasang di situs web atau blog diklik.

Pendapatan sebagai Publisher ini berasal dari frekuensi iklan yang terpasang di situs web atau blog kita. Maka dari itu, pemilik situs web atau blog harus bekerja keras untuk meningkatkan lalu lintas (traffic) kunjungan blog kita. Sebuah income semi pasif, dikarenakan apabila traffic melonjak tinggi tentu penghasilan kita akan semakin tinggi, tanpa perlu bekerja terus menerus, yang terpenting menjaga kualitas content.

4. Mendapatkan Komisi Dari Penjualan Produk Affiliate

Selain menjadi publisher, pemilik situs web atau blog kamu bisa juga ikut program afiliasi dari web atau situs besar, seperti eBay, Amazon, dan lain sebagainya. Biasanya mereka akan menawarkan program afiliasi dengan penghasilan per klik juga (PPC). Bedanya dengan dropshipping adalah kita hanya mempromosikan barang milik supplier tidak menjual, sedangkan program afiliasi pemilik situs web atau blog hanya mempromosikan atau merekomendasikan sebuah barang, apabila pengunjung blog memutuskan untuk membeli kita akan mendapatkan bonus penjualan.

Semakin banyak perusahaan periklanan menawarkan reward PPC, pilih yang memiliki reputasi pembayaran yang baik, untuk mengetahuinya bisa googling. Perusahaan periklanan digital ini kebanyakan dari luar negeri, mata uang pembayaran mereka adala Dollar AS, sebaiknya siapkan rekening atau penampung virtual seperti Paypal, Skrill, yang jelas cari yang potongannya kecil saat menarik dana.

5. Menjual Produk Informasi

Apabila kita menjelajahi internet pasti menemukan berbagai jenis tip-tip yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, biasa berbentuk seperti eBook, Video. Misalnya tip diet sehat, tip mengasuh anak, tip berjualan online, dan lain sebagainya. Seperti inilah yang dinamakan menjual produk informasi. Bisa juga menjual keahlian atau kemampuan kamu, misalnya kamu ahli di bidang menulis artikel, desain grafis, programming computer, keahlian ini bisa kamu jual secara online dan mendapatkan penghasil uang yang menjanjikan. Tidak harus menjjual di situs web atau blog kita sendiri, sekarang sudah ada marketplace khusus untuk produk informasi seperti, Ratakan, Jualio, Clickbank, Guides.co, Gumroad, Adword.

Apabila kamu bisa menulis buku sendiri berupa print out akan lebih baik, sejumlah pengarang novel, buku menerapkan promosi penjualan mereka melalui sosial media, dan sukses meraup penghasilan dari menjual buku tersebut.

6. Youtubers

Kini menjadi Conten Creator Youtube kamu juga bisa mendapatkan penghasilan yang menjanjikan, proses kerja nya hanya cukup membuat sebuah channel di youtube dan mengupdate video-video yang bermanfaat untuk orang lain, misalnya tutorial, cara memasak, fashion, gamers, dan lain sebagainya. Bisnis jenis ini sangat amat sederhana dan menyenangkan karena kita hanya sekedar mengupload video dan berusaha untuk mencari view dan subscribe sebanyak mungkin, penghasilan yang didapat bisa berupa jutaan hingga milyaran, dan sudah banyak buktinya contohnya Youtubers Gaming yaitu Jess No Limit, ia berhasil mendapatkan penghasilan ratusan juta setiap bulannya bahkan ia sudah berhasil membeli mobil mewah yaitu Mobil Sports Ferrari. Yang tadinya ia hanya sekedar iseng atau membagikan sebuah video dari kegiatan hobbynya yaitu bermain game, malah sekarang menjadi youtubers yang terkenal dan menghasilkan.

7. Blogging

Menjadi blogger di era internet seperti sekarang ini bisa menghasilkan uang. Keahlian menulis di situs blog menjadi modal utama, bagikan tulisan-tulisan dengan tema-tema menarik dan publikasikan secara online di situs blog kamu. Blog dengan tema-tema menarik akan mengundang banyak penjung loh, tema yang sekarang sedang digemari adalah situs blog yang membahas, kuliner, fashion, gossip selebrity, Tutorial, Tips and Trik, dan lain sebagainya. menjadi favorite pembaca. Semakin tingkat meningkat pengunjung dari situs blog (traffic) menjanjikan uang datang dari pengiklan atau dari program affiliasi dan google adsense.

Sebagai contoh Raditya Dika, blogger profesional, memanfaatkan blognya untuk menjual buku novel karangannya sendiri, kini Dika sukses dan menambah bidang lain di film dan TV. Menjadi blogger tidak harus pergi ke kantor, bisa dilakukan sebagai kerja sampingan yang menjanjikan.

8. Guru Kursus Online

Peluang bisnis online ini bisa menjanjikan penghasilan yang lumayan, membuka kursus secara online dengan sasaran anak-anak sekolah. Kita bisa mengambil beberapa mata pelajara yang telah kita kuasai, bisa dilakukan secara regular, misalnya seminggu duakali. Kini ada beberapa situs menyediakan layanan untuk menjadi guru kursus yaitu, WordPress + Plugin Zippy Courses, Teachable, Udemy, Guides.co, rekomendasi Teachable karena bisa memakai domain sendiri.

Peluang mendapatkan penghasilan yang menjanjikan dari kursus online ini sangatlah besar, banyak orang tua zaman sekarang yang sibuk dengan bisnis mereka, sehingga tidak punya cukup waktu untuk mengajari anak-anak mereka dirumah. Pada sisi lain, anak-anak SD saja sudah pandai menggunakan internet, sehingga akan mudah berkomunikasi dengan mereka. Umumnya metode pengajaran adalah tanya jawab seperti chatting, perkembangan terkini sudah ada webinar, live video.


9. Jasa Desain Grafis Online

Kini jasa ini telah banyak dibutuhkan di internet dan menjanjikan penghasilan yang sangat lumayan, sejumlah website kita memfasilitasi para fleelancer dibidang desain web, seperti marketplace yang mempertemukan pengguna jasa desain dengan penyedia jasa. Selama kita rajin memonitor lelang - lelang pekerjaan desain dan mampu menjaga kualitas, tentu orderan akan terus mengalir dan mendapatkan uang yang menjanjikan.

Pencari kerja desain grafis ini bisa mengambil orderan dari mana pun bahkan hingga seluruh dunia, selama ada kesepakatan harga dan waktu, secara kualitas terpenuhi, penyedia jasa desain akan dibayar melalui transfer di rekening, paypal atau account virtual lain. Ada banyak anak-anak muda Indonesia yang memanfaatkan situs-situs ini untuk mencari tambahan uang saku.

Berikut ini adalah marketplace yang menyediakan jasa desain : Sribu - Desain Logo Indonesia, 99Design - Desain Logo dan lain lain. Internasional, Fiverr - Berbagai Pekerjaan Ringan, termasuk desain grafis mulai dari $5.

10. Penulis Artikel Di Situs Web atau Blog

Saat ini peluang menjadi penulis artikel di situs web atau blog sudah terbuka lebar, dikarenakan pemilik situs web atau blog membutuhkan jasa penulis untuk mengisi content halaman-halaman web atau blog. Berbagai situs marketplace freelance kini membutuhkan penulis-penulis lepas yang membutuhkan job di website atau blog dari dalam dan luar negeri.

Secara umum, penulis artikel ada terbagi yang tulisan dihitung dari jumlah suku kata, misalnya 600 suku kata, dihargai XXX/Sekian. Namun tetapi ada juga dihargai sebagai bentuk karya tulis. Tentu imbalan yang diberikan sedikit berbeda, tipe kedua lebih tinggi dari tipe pertama. Website yang mempertemukan pencari kerja dan pencari penulis lepas antara lain : Sribulancer, UpWork (Internasional), TextBroker (Internasional), situs lokal yaitu project.id, kontenesia, dan lain lain.

11. Menjadi Virtual Assistant

Virtual assistant sendiri adalah istilah yang masih lus, pekerjaan seorang asisten virtual biasa bisa mencakup atau salah satu dari: Penulis, Desain Grafis, Riset, Editting, Copywriting, Manajemen Social Media, Translasi, Programming, Input data, dan lain sebagainya. Jadi seorang virtual assistant bertugas memberikan dukungan sebuah lembaga, atau perorangan untuk sebuah project, misalnya project riset, penulisan buku, pembuatan katalog, dan lain sebagainya. Seorang virtual assistant sebaiknya memiliki specialisasi bidang tertentu, misalnya desain grafis, penulis ataupun programming. Namun tetapi seorang generalis, mengerti keahlian lain seperti input data, SEO.

Biasanya penulis lepas dari luar negeri membutuhkan seorang VA di Negara yang mana ia akan menulis tentang Negara itu, di situs upwork, freelancer banyak penulis atau wartawan luar negeri dari AS dan Eripa mencari VA. Seorang VA dibayar per jam, rata-rata harga yang ditawarkan sekitaran $50 AS.

Bisnis online tidak memerlukan modal besar seperti bisnis konvesional yang membutuhkan biaya sewa tempat usaha, peralatan kantor, gaji karyawan, dan lain sebagainya. Bahkan investasi bisa menjadi zero karena menjual jasa sendiri, selain itu kerja online nya bisa dilakukan di rumah, tanpa harus berpergian keluar rumah. Sangat menjanjikan sebagai sebuah bisnis.

Walaupun bisnis online menjanjikan keuntungan uang besar, keseriusan dan ketekunan dari pemiliki bisnis harus seimbang, tidak ada kesuksesan yang datang dengan sendirinya. Kita pasang gambar di toko online terus pembeli berdatangan, hal itu sangat tidak mungkin bila tidak dialkukan promosi terhadap bisnis kita.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel