10 Pekerjaan Sampingan Terbaik & Menjanjikan Income

Terkhusus bagi karyawan ataupun Pelajar kerja sampingan adalah cara untuk menambah uang belanja atau penghasilan keluarga dan uang jajan tambahan. Persoalannya adalah kerja sampingan seperti apakah yang terbilang cocok, tidak mengurangi waktu pekerjaan utama dan tentu dapat menghasilkan imbalan uang menjanjikan dan minim untuk modal atau investasi. Yang mana kehidupan menuntut kita harus bekerja dengan keras dan cerdas, bekerja keras saja tanpa adanya kerja cerdas tidak akan memberikan hasil yang terbilang menguntungkan.


Perlu diperhatikan sebelum memilih jenis pekerjaan sampingan yang ingin dilaksanakan, sebaiknya perhatikan hal-hal yang mendasar terlebih dahulu sebagai pekerja sampingan, mempunyai pekerjaan sampingan tentu bukan berarti Anda sudah keluar dari pekerjaan utama yah. Tugas dan kewajiban dari pekerjaan utama masih tetap melekat pada diri Anda, jangan nantinya menimbulkan sebuah konflik antara pekerjaan sampingan dengan pekerjaan utama.

Pertimbangan Sebelum Memulai

Kerja sampingan menjadi salah satu cara terbaik terkhusus bagi karyawan ataupun pelajar untuk meningkatkan pendapatan penghasilan keluarga dan uang jajan, lalu jenis kerja sampingan seperti apakah yang dapat dilakukan?

1. Melihat perkembangan zaman terlebih dahulu, kerja sampingan berbasis internet merupakan pilihan yang terbilang rasional, bisa dilakukan dirumah, sebagai bisnis rumahan.

2. Menjual jasa keahlian bisa juga berbasis dengan hobby, seperti hobi sports bisa menjadi kerja sampingan di rumah dengan membuka usaha toko perlengkapan aksesoris Sports.

3. Bekerja sebagai marketing lepas untuk produk yang berbeda dengan pekerjaan yang utama, misalnya apabila di tempat kerja utama berjalan di bidang property, Anda bisa menjadi penjual freelance untuk produk alat memancing. Sehingga tidak ada terjadi konflik kepentingan dalam pelaksanaannya.

Inilah 10 Pekerjaan Sampingan Terbaik

Adapun 10 kerja sampingan terbaik untuk Anda adalah sebagai berikut :


1. Kerja Sampingan Dengan Menjadi Penulis Artikel Blog

Penulis artikel blog ini menjadi salah satu pilihan terbaik terkhusus bagi karyawan ataupun pelajar yang mempunyai bidang keahlian dibagian menulis atau memiliki keinginan menjadi penulis busa juga mulai dari membuka situs blog pribadi, dan belajar menulis sampai terbaik. Di era bisnis online, kini pekerjaan sebagai penulis terbilang menjanjikan penghasilan yang sangat lumayan, bisa sebagai bisnis rumahan yang tentu menguntungkan.

Selain itu, situs blog yang memiliki banyak pengunjung akan menarik perhatian penyedia periklanan digital untuk memasang di situs blog Anda atau Anda bisa juga mengikuti program periklanan Adword dari Google. Apabila Google melihat situs blog Anda dengan Traffic nya terbilang bagus, pihak Google akan membayar Anda untuk menempatkan iklan yang sudah ditentukan olehnya di situs blog Anda.

Ada juga peluang lain, yakni sekalian memperkaya tulisan Anda di blog, bisa menawarkan jasa sebagai penulis ke situ blog yang membutuhkan penulis lepas. Kini ada banyak pemilik web atau blog tidak bisa mengisi content di situs mereka sendiri, karena terbatas dengan waktu mereka, umumnya mereka mencari penulis freelance untuk membantu mengisi halaman-halaman (update) web secara teratur. Pemilik web atau blog akan membayar si penulis per tulisan, Apabila hasil tulisan menarik biasanya akan dipekerjakan dalam waktu jangka panjang loh.

2. Kerja Sampingan Dengan Membuka Kursus Bimbel

Kerja sampingan lainnya yang cocok terkhusus bagi karyawan ataupun pelajar adalah membuka kursus, dimulai dengan kursus yang berhubungan dengan keahlian sendiri ataupun apabila merasa tidak punya keahlian yang terbilang cukup bisa dijual, bisa juga membuka kursus umum yaitu bimbingan belajar untuk anak-anak sekolah. Mata pelajaran yang paling membutuhkan seorang bimbingan belajar adalah Matematika, Kimia, Bahasa Inggris, dan IPA, dari kebanyakan orang tua tidak mempunyai banyak waktu untuk mengajari anak-anak mereka.

Dengan membuka kursus yang terbilang cukup menjanjikan mendatangkan uang, dan investasi kecil, dikarenakan bisa menggunakan rumah sebagai lokasi belajar mengajar, apabila peserta kursus masih sedikit. Peluang usaha ini memberikan keleluasan waktu untuk seorang karyawan ataupun pelajar, tentu pastinya tidak mengambil jam pekerjaan utama. Dan apabila ditekuni pasti akan menghasilkan keuntungan uang yang menjanjikan.

3. Kerja Sampingan Dengan Membuka Kursus Memasak

Kerja sampingan dengan cara membuka kursus masak-memasak juga terbilang sangat menjanjikan, mengambil tempat di dapur kita sendiri. Tetapi apabila tidak memungkinkan bisa juga menggunakan dapur dari pengguna jasa kita. Memasak kini menjadi hobi dari kebanyakan orang, tidak hanya ibu rumah tangga saja tetapi kaum pria pun mulai berminat untuk belajar memasak.

Kursus memasak ini bisa menjadi peluang usaha menjanjikan untuk karyawan ataupun pelajar, fleksibilitas waktu kerja yang bisa diatur, misalnya kursus hanya dibuka setiap hari minggu, yang mana kantor tempat kerja utama libur. Menariknya apabila ditekuni dengan baik bisa menjadi sebuah bisnis yang menguntungkan. Tidak perlu ragu untuk menambah pengetahuan bisa mengupdate koleksi resep dari situs-situs kuliner di internet.

Untuk mengembangkan peserta sebaiknya aktid di beberapa group atau dikomunitas-komunitas lingkungan kita seperti pengajian, arisan, dan lainnya untuk menambah networking dan promoso sosial terbilang gratis dari mulut ke mulut.

4. Kerja Sampingan Dengan Membuka Kursus Musik

Terkhusus bagi karyawan ataupun pelajar yang memiliki keahlian bermusik, tentu pekerjaan sampingan ini sangat menjanjikan penghasilan uang cukup lumayan. Dalam jangka waktu panjang bisa menjadi bisnis yang terbilang menguntungkan. Dimulai dengan merekrut anak-anak yang ingin belajar music di pekan minggu dari sekitaran kita, dan membuka pasar melalui media sosial untuk merekrut sebuah anak didik dari luar lingkungan.

Mengenai soal waktu kerja tentu pasti bisa disesuaikan jam kerja utama kita, umumnya kursus musik ini diselenggarakan di sore hari ataupun sesudah selesai kerja utama. Apabila peserta adalah anak-anak jam kursus yang sangat ideal adalah sore hari, sebelum mereka mulai belajar untuk pelajaran sekolah. Sementara untuk pengembangan jumlah peserta bisa menjalin kerjasama dengan sekolah-sekolah terdekat.


5. Kerja Sampingan Dengan Membuka Toko Online

Bisnis Online ini juga terbilang sangat menjanjikan income yang lumayan apabila ditekuni dengan baik, sangat fleksibel dengan waktu dan tidak mengganggu jam kerja utama. Untuk memulai kerja sampingan ini tidak perlu investasi uang besar, tidak perlu membangun toko online sendiri, kita juga bisa memanfaatkan toko-toko marketplace yang menawarkan secara gratis membuka toko di situs mereka.

Sesudah toko online di situs marketplace seperti, Tokopedia, Bukalapak, OLX, Shopee, Lazada adalah situs yang memberikan kemudahan pebisnis online tanpa bayar, berpeluang mendatangkan uang. Apabila ingin meningkatkan pemasaran bisa membeli voucher promosi di situs-situs itu agar dagangan kita ditaruh di halaman utama, sehingga mendapatkan "mention" dari pengunjung.

Tidak perlu ragu untuk memulainya, pembelanja online di Indonesia kini terus menambah setiap tahun nya. Catatan terakhir jumlah pembelanja online di Indonesia angka 8,5 juta orang, sementara nilai transaksi online di tahun 2015 saja mencapai 50 trilyun, Nah tunggu apa lagi? Mengenai soal modal untuk membeli barang tidak usah dikhawatirkan, kita bisa menjual barang orang lain, pemiliki barang yang akan men-stock dan mengirimkan ke konsumen yang memberi order kepada kita dengan atas nama kita sebagai pengirim. Istilah ini disebut dropship, kita sebagai dropshiper dan pemilik barang sebagai supplier.

6. Kerja Sampingan Dengan Jual Beli Barang Bekas

Peluang kerja sampingan ini terbilang cukup menjanjikan dan tidak mengambil jam kerja utama. Jual beli barang bekas bisa menjadi pilihan terbaik untuk mereka yang tidak mempunyai skill independent untuk dijual. Tidak perlu berinvestasi besar kita bisa mendapatkan uang melalui selisih harga beli dan harga saat barang bekas dijual kembali. Metode penjualan bisa dilakukan dengan dua cara yaitu via penjualan langsung ke pembeli atau melalui online.

Ada beberapa situs marketplace kini melayani penjualan dan pembelian barang bekas, situs terbesar jual beli online barang bekas adalah OLX. Anda bisa langsung membuka account di situs dan langsung menjual barang yang dibeli dan menjual lagi di situs ini. Ada banyak pedagang aktif melakukan aktifitas jual kembali barang dagangan ke situs-situs seperti OLX. Berbagai jenis barang bisa ditransaksi, apabila dihitung margin keuntungan dari jual beli barang bekas lebih tinggi dibandigkan menjual barang baru. Sebaiknya kita memilih satu jenis barang untuk diperdagang, supaya fokus kita lebih mudah dibandingkan harus menjual berbagai aneka jenis barang.

7. Kerja Sampingan Dengan Menjadi Fotografer Panggilan

Profesi ini bisa ditekuni sebagai kerja sampingan yang mengutungkan, bermodalkan seperangkat fotografi kita sudah menjadi seorang fotografer. Skill atau keahlian adalah modal utamanya, kemampuan mengambil gambar yang menarik, penataan cahaya yang kreatif dan pengolahan gambar di komputer menjadi pengetahuan dan keahlian utama seorang fotografer.

Fotografer tidak perlu berkantor, bisa menggunakan rumah sabagai homebase, apabila ada panggilan baru, baru meninggalkan rumah, pekerjaan sampingan sebagai fotografer apabila ditekuni bisa menjadi cikal bakal bisnis rumahan yang menguntungkan.

8. Kerja Sampingan Dengan Menjadi Admin Media Sosial

Kini, sudah maraknya media sosial sebagai sarana promosi dan komunikasi bagi perusahaan dan lembaga-lembaga pemerintah dan swasta membuka peluang untuk dijadikan kerja sampingan. Pemilik account sosmed dari perusahaan, lembaga, public figure memerlukan pekerja sebagai admin untuk memonitor dan mengupdate account sosmed secara teratur dan menjadi komentar-komentar dari netizen.

Peluang kerja ini terbilang sangat mengasyikan, modal kerjanya hanya sebuah smartphone atau laptop yang terhubung dengan koneksi internet. Pekerjaan dapat dilakukan dimana saja dan tidak akan mengganggu jam kerja utama selama di kantor kita tidak sibuk menjawab komentar netizen, biasanya tanggapan untuk netizen dijadwalkan secara teratur.

9. Kerja Sampingan Dengan Menjadi Web Developer

Di era internet. kini pekerja yang mengusai teknologi sebagai pengembang programming web banyak dicari, semua web peruhasaan atau pribadi perlu pengembang programming. Pemilik keahlian di bidang programming web berpeluang besar mendapatkan kerja sampingan, tidak perlu bingung untuk memperkenalkan keahlian, cukup berpromosi di marketplace situs freelance banyak pemilik web yang menawarkan pekerjaan.

Kerja sampingan sebagai web developer bisa dilakukan di luar jam kerja utama, atau bisa dilakukan di rumah setelah jam kerja, karena pekerjaan ini bisa dilakukan selama tersambung ke internet. Jadi sangat terbilang luwes dalam soal waktu dan lokasi, bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, komunikasi dengan pemberi order cukup dilakukan dengan chat atau melaui telpon.

10. Kerja Sampingan Dengan Menjadi Guru Memancing

Kerja sampingan ini terbilang paling mengasyikan dan menjanjikan imbalan yang sangat menggiurkan. Keahlian berbasis hobi ini banyak dicari oleh para pemancing pemula, pengetahuan dan pengalaman sebagai pemancing professional di berbagai lokasi bisa dibagikan kepada pemancing pemula yang mengikuti kursus ini.

Kerja sampingan ini tidak mengganggung jam kerja utama, biasa nya aktifitas memancing bisa dilakukan di hari libur kerja, atau akhir minggu. Sambilan menyelam minum air, guru memancing bisa tetap ikut memancing secara gratis karena dibayar oleh peserta kursus.

Kesimpulan: 10 Kerja Sampingan yang telah dibahas di atas dipilih dengan dasar waktu kerja, modal, imbalan kerja. Pada dasarnya menjalankan kerja sampingan harus tetap memperhatikan jam kerja di pekerjaan utama, jangan sampai mengganggu atau mencuri jam kerja utama. Selain itu, faktor modal dan investasi uang juga menjadi pertimbangan. Admin menyarankan apabila karyawan ataupun pelajar ingin memulai kerja sampingan sebaiknya berbasis hobi dan keahlian yang sudah melekat, seperti fotografer, penulis, web developer. Untuk kerja sampingan membuka toko online atau jualan online tidak perlu ragu, dengan tanpa modal dapat dilakukan dengan mendaftar sebagai dropshipper dan membuka account gratis di situs marketplace, jadi kerja sampingannya tinggal berpromosi. Selamat bekerja dan Terus Semangat !!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel