Ayo Belajar dari Negara Korea Selatan yang dulu Pernah lebih Miskin dari Negara Zimbabwe

Kemungkinan kita sekarang mengenal negara Korea Selatan ini dengan gebrakannya dalam berbagai teknologi terkini yang terbilang begitu inovatif. Sebenarnya masih banyak yang tidak tahu bahwa negara yang kini diketahui menjadi salah satu macan Asia dengan berbagai kemajuan perekonomian dan segala kelebihannya pernah juga mengalami masa kesulitan sehingga mereka berada dibawah negara-negara dengan taraf ekonomi yang terbilang sangat lemah yaitu negara Zimbabwe.

Korea Selatan

Berdasarkan informasi pada majalah Time, bahwa negara Korea Selatan ini merupakan negara yang pernah menjadi taraf ekonomi yang bisa disebut negara miskin pada sekitaran tahun 1960 yang mana Korea Selatan pernah berada dibawah negara-negara seperti Irak, Liberia, dan Zimbabwe. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan pada zaman tersebut mereka berperang dengan negara tetangganya yakni Korea Utara dan belum terlalu meng-explore sumber daya alam nya.

Berdasarkan kutipan oleh Michael Schuman dari Time bahwa kini Korea Selatan merupakan negara yang terbilang maju dan mapan dengan perusahaan manufaktur terdepan di Microchip, Panen LCD dan Mobil. Dari beberapa negara di Asia Korea Selatan pernah mengalami peningkatan penduduk perkapita tercepat sejak pertengahan tahun 1960.

Sekitar beberapa puluhan tahun lalu Negara ini masih berupa pedesaan dengan taraf perekonomian yang bisa dibilang miskin. Pernah juga pada zaman itu PBB meminta Korea Selatan agar supaya meniru cara Negara Kenya agar supaya menjadi negara yang berkembang, namun tetapi pemerintah Korea Selatan memilih jalan sendiri. Pada masa kini tingkat purchasing power parity atau hubungan antara barang dan jasa dengan nilai tukar mata uang itu sendiri, orang-orang korea dapat mencapai sekitaran USD 33 ribu/tahun per kapita jauh dari negara Kenya yang hanya seperduapuluhnya.

Selain itu, negara Korea Selatan juga memiliki pendapatan perkapita yang terbilang tinggi mencapai sekitaran USD 20ribu. Korea Selatan mempunyai perusahaan teknologi yang sangat maju dengan dimotori perusahaan yang terkenalah, siapa lagi kalau bukan perusahaan dari Samsung dan LG. Selain itu, negara ini mempunyai perusahaan Naver Corporation dengan layanan messaging line nya.

Dengan pembahasan mengenai Negara Korea Selatan ini bisa dijadikan menjadi suati inspirasi bagi Negara-negara lain agar supaya ikut berkembang dan menjadi negara maju. Semoga memberikan informasi yang bermanfaat untuk kita semua.

Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel