Ingin Memulai Berbisnis Online? Coba Simak 10 Tips Untuk Memulai Bisnis Online Berikut Ini

Kini, Bisnis Online memang sudah menjadi salah satu bisnis yang terbilang menjanjikan. Memang tidak semua bisnis online berjalan dengan omset atau pendapatan yang tinggi. Tetapi kita dapat mengupayakannya dengan baik. Jika kamu ingin memulai sebuah bisnis online.


Nah berikut ini ada 10 tips memulai bisnis online untuk Kamu, yang khususnya pemula.

1. Niat dan Fokus

Hal ini mungkin terdengar sepele, namun sering kali pengusaha gagal pada tahap ini. Tetapkan hati kamu dengan niat bahwa kamu ingin menjalankan sebuah bisnis online. Karena sebuah usaha yang dimulai dari nol sangatlah rentan terhadap masalah-masalah pribadi misalnya seperti kemalasan. Maka niat yang kuatlah menjadi jalan satu-satunya untuk mengembangkan sebuah bisnis online yang akan kamu jalanin nantinya. Selain itu, letakkan fokus kamu dua kali lebih banyak dari fokus kamu biasanya. Karena ketidak fokusan hanya akan membuat startup bisnis online yang gagal. Dikarenakan jika dilakukan setengah hati hasilnya pun juga akan kurang maksimal, bahkan bisa jadi tidak sama sekali berjalan.

2. Tentukan Apa Yang Akan Kamu Jual

Dimana saja yang namanya bisnis tentu harus ada yang dijual yah kan. Nah yang jadi pemulaan kamu jika kamu ingin menjalankan bisnis online adalah menentukan produk apa yang akan kamu jual. Dan ingat sebelumnya kamu harus mengetahui terlebih dahulu berbagai macam bisnis online yang ada saat ini. Dengan begitu proses brainstorming kamu akan sangat mudah. Tentukan jenis bisnis kamu, misalnya kamu berniat menjual sablon kaos. Maka kamu harus sering melakukan riset bagaimana sablon kaos tersebut bisa menjadi bisnis online yang menjanjikan. Riset terhadap sebuah produk yang akan kamu jual merupakan hal yang sangatlah penting. Kamu harus ingat bahwa produk kamu harus lebih kreatif dan tentu berbeda dengan kebanyakan produk yang beredar di situs atau pasaran lainnya.

3. Pikirkan Siapa Pangsa Produk Kamu

Pangsa pasar merupakan mereka yang dianggap sebagai konsumen yang akan membeli sebuah produk kamu seperti apakah produk ini untuk lelaki ataupun perempuan, untuk kalangan remaja ataupun dewasa, dan sebagainya. Pangsa pasar ini bisa menjadi hal yang penting karena jika kamu paham siapa target kamu, maka proses pengembangan produk dan juga domain lebih dapat disesuaikan lagi dengan sebuah mayoritas karakteristik pangsa pasar kamu.

4. Tentukan Sistem Pembelian Dan Penjualan

Seperti yang diketahui, rata-rata konsumen tidak ada yang ingin terlalu ribet. Tentu mereka mencari sebuah produk yang terbilang bagus dengan pelayanan yang memuaskan dan terkesan sederhana atau simple. Apalagi mengenai dengan sistem pembelian dan penjualan dalam sistem bisnis online. Jika kamu mampu menghadirkan sistem yang menarik maka konsumen pun bisa menjadi pelanggan tetap kamu. Misalnya sistem pembayaran di seluruh jenis rekening bank. Selain itu, misalnya sistem search gambar sehingga bisa mendapatkan gambar-gambar yang sepadan. Hal-hal tersebut bisa menjadi nilai lebih untuk sebuah bisnis online kamu.

5. Tentukan Platform Yang Akan Digunakan

Hal ini masih berhubungan dengan sebuah sistem. Kamu juga harus memikirkan platform apakah yang akan kamu gunakan nantinya. Misalnya fokus pada sebuah website. Fokus pada media sosial ataupun campuran keduanya. Pemilihan platform ini masih berhubungan dengan jenis bisnis serta produk yang akan kamu jual dan juga pangsa pasar yang kamu lirik nantinya.

6. Manage Website Semenarik Mungkin

Sesudah menentukan platform yang akan kamu gunakan, mulai atur semenarik mungkin. Tampilan sebuah website ini menjadi salah satu alasan konsumen awal melirik sebuah produk kamu. Dikarenakan jika website kamu tidak komunikatif, tentu pastinya si konsumen akan mencari website yang lebih baik.

7. Mulai Belajar SEO

Untuk mempromosikan sebuah usaha kamu, kamu juga harus bisa mengalahkan yang terbilang beribu-ribu traffic di internet ini. Dan hal tersebut menjadi salah satu rintangan para pembisnis online. Karena jika produk kamu ingin selalu dikunjungi pada saat pencarian, maka makesure website kamu selalu berada atau tampil di halaman pertama search engine google. Maka dari itu saat orang mencari produk seperti yang kamu jual, website kamu akan menjadi salah satu website yang terlihat pertama kali. Dan itu hanya bisa dilakukan oleh orang yang bisa menjalankan SEO. SEO adalah singkatan dari search engine optimization. Yang berfungsi menjadikan website kita berada pada halaman pertama google saat orang mengetikannya pada kolom pencarian (search). Untuk kamu yang tidak mengerti tentang hal ini, tenang saja. Saat ini banyak sekali jasa dan juga review bagaimana SEO ini tetap dapat dijalankan.

8. Iklankan

sebuah Branding menjadi salah satu hal yang wajib jika kamu ingin sebuah produk kamu dikenal lebih banyak orang. Branding ini juga bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, salah satunya dengan mengiklan. Fasilitas iklan ini sangat banyak dilakukan di internet. Jadi kamu tinggal memilih saja yang mana menurut kami terbaik.

9. Membuat Halaman Forum

Halaman Forum menjadi halaman yang sangat penting. Karena sebagai pemulai mereka akan mencari tahu apakah bisnis kita nyata atau hanya sebuah penipuan. Halaman forum ini merupakan kolom khusus yang biasanya terdiri dari komentar, kesan, bahkan hingga komplain konsumen (Testimoni). Silahkan kamu membatasi sendiri halaman forum ini, tentukan apa saja yang harus ada pada halaman forum tersebut karena kamu adalah pengendali bisnis kamu.

10. Evaluasi dan Inovasi

Evaluasi adalah kegiatan yang digunakan untuk mengetahui sebuah pencapaian dan target dari bisnis online kamu. Pada tahap ini kamu harus benar-benar tahu apa yang menjadi sebuah kelemahan sistem bisnis online kamu. Hal yang semacam ini bisa kamu temukan pada halaman forum bisnis kamu. Dan dari evaluasi-evaluasi tersebut tentu harus bisa menghasilkan solusi. Solusinya pun selain harus solutif juga harus mengandung inovasi yang terbilang tinggi.

Nah sepuluh tips sudah admin bahas. Jadi apakah kamu sudah siap untuk membuat sebuah bisnis online? Itu semua ada di dirimu. Selamat mencoba!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel